Sebagai Kampung Penjaga Tradisi, Kamwis Purbayan Raih Juara 2 Desa Wisata Berkembang

0
63
Kamwis Purbayan Raih Juara 2 Desa Wisata Berkembang dalam ADWI 2023 - (Foto: Youtube Kemenparekraf)

KABAREWISATA.COM – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengumumkan pemenang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 pada Minggu (27/8/2023), di Teater Tanah Airku, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta.

Pengumuman ADWI 2023 ini mengusung tema “Dari Desa untuk Indonesia Bangkit, Pariwisata Berkelas Dunia”.

Penghargaan langsung diberikan oleh Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Herliani Tanoesoedibjo kepada 8 peraih predikat Desa Wisata Berkembang.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno pada bulan Juni 2023 lalu telah mengunjungi Kamwis Purbayan sebagai salah satu nominasi 75 besar desa wisata terpilih dalam ADWI 2023 yang tersebar di seluruh Indonesia.

Ketua Pokdarwis Purbayan, Nurcahyo Nugroho pada kesempatan itu menyampaikan, ini merupakan awal dari perjuangan Kamwis Purbayan.

“Ini bukan akhir, melainkan awal dari perjuangan kami untuk terus memajukan Kamwis Purbayan. Ibaratnya lari marathon. Ini adalah perjuangan yang panjang,” kata Nurcahyo.

Nurcahyo juga bersyukur dengan apa yang telah dicapai oleh Kamwis Purbayan. “Alhamdulillah Kamwis Purbayan bisa menjadi Juara kedua kategori Desa Wisata Berkembang dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023. Terimaksih kepada semua pihak yang telah mendukung,” ujarnya.

Dia juga mengucapkan terimakasih kepada warga Kelurahan Purbayan, Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta dan Dinas Pariwisata DIY atas pembinaan yang telah dilakukan. “Juga kepada semua pihak yang telah mendukung Kamwis Purbayan,” tutur Anggota Komisi B DPRD Kota Yogyakarta ini.

Nurcahyo menjelaskan, Kamwis Purbayan sendiri memiliki wisata unggulan situs peninggalan Kerajaan Mataram Islam. Sebagai kampung penjaga tradisi, Purbayan masih memiliki banyak perajin perak yang masih berproduksi dan aktif yang dikenal sebagai Kota Perak. Selain kerajinan perak, di Kampung Wisata Purbayan juga terdapat kuliner khas yaitu roti Kembang Waru, Legamara, Ukel dan Banjar.

“Selain seni budaya dan situs peninggalan Kerajaan Mataram, potensi unggulan yang berada di Kamwis Purbayan adalah perajin souvenir seperti kerajinan tanduk, keris, batik, perak dan kuningan,” terangnya.

Sementara, Lurah Purbayan, Kudup Nawangsari pada kesempatan yang sama menyampaikan penghargaan yang diterima oleh Kamwis Purbayan ini sebagai penyemangat, agar kedepannya bisa menjadi lebih baik.

“Semoga penghargaan yang diterima dapat menambah semangat teman-teman Kamwis Purbayan. Dan tidak lupa saya ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung,” tuturnya. (put)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here