Menhan Prabowo Subianto Serahkan Bantuan Sumur Bor dan Pipanisasi di Gunungkidul

0
14
Menteri Pertahanan RI Serahkan Bantuan Sumur Bor dan Pipanisasi di Gunungkidul - (ist)

KABAREWISATA.COM – Didampingi Danrem 072 Pamungkas Brigjen TNI Joko Purnomo, Menteri Pertahanan Republik Indonesia Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto, menyerahkan bantuan sumur bor dan pipanisasi bagi warga di Pasar Sido Wayah, Wareng, Wonosari, Gunungkidul, Rabu (9/8/2023).

Menteri Pertahanan, Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto, menyampaikan, bantuan sumur bor dan pipanisasi ini berasal dari program pengabdian masyarakat Universitas Pertahanan Republik Indonesia.

“Semoga dapat membantu permasalahan air yang seringkali terjadi di Gunungkidul,” kata Prabowo.

Sesuai Instruksi Presiden RI Ir Joko Widodo, kata Prabowo, kita bisa membantu masyarakat dan mengatasi kesulitan masyarakat.

“Salah satu bentuk dalam mengatasi masyarakat dari Kemenhan RI melalui Unhan, yaitu dengan memberikan bantuan dan pembuatan sumur bor,” terang Prabowo.

Menurutnya, kebutuhan air merupakan kebutuhan dasar atau pokok untuk masyarakat. “Untuk itu Unhan akan mempelajari tentang teknologi air yang nantinya akan dimanfaatkan untuk masyarakat,” katanya.

Prabowo berharap untuk memanfaatkan sumur bor sebaik mungkin dan dirawat bantuan sarana prasarana itu. “Semoga dengan adanya bantuan ini dapat mencukupi kebutuhan air bersih di setiap titik penerima bantuan,” tegasnya.

Bupati Gunungkidul, H Sunaryanto, mewakili masyarakat, mengucapkan banyak terimakasih kepada Kementerian Pertahanan Republik Indonesia dan Universitas Pertahanan RI atas program pembangunan sumur bor di di wilayah Kabupaten Gunungkidul.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Menhan, Kementerian Pertahanan dan Universitas Pertahanan yang telah membangun sumur bor dan pipanisasi di 11 titik lokasi di Gunungkidul,” jelasnya.

Disampaikan Bupati Gunungkidul, kebutuhan air bersih yang cukup dan berkualitas masih menjadi masalah di beberapa wilayah di Kabupaten Gunungkidul.

“Kondisi Geografis yang kebanyakan merupakan dataran tinggi dan keterbatasan sumber-sumber air permukaan merupakan salah satu kendala,” kata Bupati.

Akan tetapi di sisi lain, potensi air bawah tanah, sebenarnya cukup melimpah. “Hanya saja dibutuhkan teknologi khusus untuk mengangkat potensi tersebut ke permukaan agar dapat dimanfaatkan langsung oleh masyarakat,” terangnya.

Pemerintah Kabupaten Gunungkidul terus berupaya menjalin kerja sama dengan
berbagai pihak baik pemerintah pusat, Pemerintah Provinsi, swasta, akademisi maupun masyarakat untuk terus mengupayakan yang terbaik sebagai solusi jangka panjang dalam pemenuhan kebutuhan air bersih bagi seluruh warga.

Mengingat bantuan seperti ini merupakan wujud kepercayaan dan dukungan tak ternilai bagi upaya tersebut, Bupati Gunungkidul sangat berharap agar seluruh warga dapat bahu- membahu menjaga, merawat dan memelihara sarana dan prasarana yang ada. “Sehingga manfaatnya dapat lestari,” tandasnya. (fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here