Mahasiswa Darmasiswa UMP Tuntaskan Pembelajaran Bahasa dan Budaya Indonesia

0
14
Target pembelajaran BIPA untuk mahasiswa Darmasiswa telah tercapai dengan baik. (Foto: Istimewa)

KABAREWISATA.COM – Tiga mahasiswa Darmasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Jawa Tengah, berhasil menuntaskan program pembelajaran bahasa dan budaya Indonesia selama sepuluh bulan.

Kepala Bagian Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) UMP, Titik Wahyuningsih, SS, M.Hum, mengatakan, target pembelajaran BIPA untuk mahasiswa Darmasiswa telah tercapai dengan baik.

“Tentu saja, pencapaian ini tidak lepas dari kerja keras mereka yang luar biasa,” ungkap Titik di Purwokerto, Senin (8/7/2024).

Titik juga menyampaikan rasa bangganya terhadap tiga mahasiswa Darmasiswa yang telah membawa nama baik UMP pada Festival Handai. “Bersama seorang mahasiswa internasional UMP yang lain, salah seorang mahasiswa Darmasiswa ini berhasil melaju ke babak final lomba Handai,” kata Titik.

Dengan dedikasi dan usaha, kata Titik, kita dapat mencapai hasil yang gemilang. “Saya bangga dan berterima kasih atas upaya kalian,” paparnya.

Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kerjasama, Saefurrohman, Ph.D, berharap, para Darmasiswa yang lulus ini bisa terus mempertahankan bahasa Indonesia. “Dan tidak melupakan budaya-budaya Indonesia yang telah dipelajari,” tandasnya.

Saefurrohman juga memberikan apresiasi tinggi kepada program BIPA UMP atas prestasinya dalam membawa para Darmasiswa mengikuti lomba internasional.

Hal ini menjadi bukti bahwa kualitas pengajar BIPA sudah tidak diragukan lagi. “Dan harus terus berlanjut agar mendapat kepercayaan lebih dalam program Darmasiswa,” tambahnya.

Abdalrahim, salah satu mahasiswa Darmasiswa, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada UMP dan para pengajar BIPA. “Pengalaman belajar tidak akan berwarna tanpa didikan dan pengetahuan yang diberikan oleh bapak dan ibu dosen,” kata Abdalrahim.

Rektor UMP, Assoc Prof Dr Jebul Suroso, menyampaikan rasa bangganya kepada para mahasiswa Darmasiswa yang telah menuntaskan program dengan baik.

Kesuksesan mahasiswa Darmasiswa ini adalah bukti nyata UMP mampu memberikan pendidikan berkualitas tinggi yang mengedepankan budaya lokal dan bahasa Indonesia.

Diharapkan mahasiswa Darmasiswa bisa menjadi duta budaya Indonesia di negara asalnya dan terus mengembangkan pengetahuan yang telah dieroleh di UMP. (Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here