Presiden Jokowi dan Raja Eswatini Saksikan Penandatanganan MoU Kerjasama Ekonomi

0
118

KABAREWISATA.COM – Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Kerajaan Eswatini Thulisile Dladla tandatangani nota kesepahaman (MoU) perkuatan kerjasama bilateral antara kedua negara, Kamis (25/8/2022), di Istana Merdeka, Jakarta, disaksikan Presiden Joko Widodo dan Raja Eswatini Mswati III.

Turut mendampingi Presiden Joko Widodo adalah Menteri BUMN Erick Thohir dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Hadir pula Ketua Umum KADIN Arsjad Rasjid bersama pengurus KADIN lainnya: Garibaldi Thohir dan Hilmi Panigoro.

Disampaikan Retno Marsudi, MoU ini sangat penting artinya untuk membuka atau sebagai pembuka pintu upaya peningkatan kerjasama. “Terutama kerjasama ekonomi antara Indonesia dengan Eswatini,” kata Retno Marsudi usai acara.

Kata Retno, dalam MoU tersebut ada beberapa bidang kerjasama yang akan menjadi prioritas atau fokus perhatian dari kedua negara.

Prioritas-prioritas itu antara lain perdagangan, investasi, pertambangan, energi, ekonomi hijau, pertanian, infrastruktur dan pembangunan, pariwisata. “Hingga hal-hal yang terkait dengan kesehatan,” papar Retno Marsudi.

Nantinya, dari waktu ke waktu, kedua negara akan lakukan pertemuan untuk menindaklanjuti sampai di mana kerjasama itu dilakukan.

Setelah penandatanganan MoU, Raja Eswatini juga akan menerima sektor swasta dari Indonesia bersama dengan KADIN (Kamar Dagang dan Industri Indonesia) untuk membahas lebih lanjut kerjasama yang dapat dilakukan sebagai tindak lanjut dari MoU yang telah ditandatangani tersebut.

Sumber: Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here