UMKLAMART, Menuju Kemandirian Ekonomi Kampus Berbasis Marketplace

0
6

KABAREWISATA.COM – Kampus sebagai institusi perguruan tinggi perlu mengembangkan iklim kewirausahaan bagi sivitas akademikanya agar terwujud kemandirian ekonomi.

“Di mana kewirausahaan tidak hanya didiskusikan sebagai wacana di ruang kuliah, namun harus benar-benar diimplementasikan agar civitas akademika terasah tidak hanya dari aspek kognitif saja tapi juga dari sisi psikomotoriknya,” kata Suryo Pratolo dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Senin (12/6/2023).

Kali ini, Suryo Pratolo dan Tim Dosen Akuntansi dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berkolaborasi dengan dosen dari Universitas Muhammadiyah Klaten (UMKLA) melaksanakan pengabdian masyarakat dalam mengembangkan iklim kewirausahaan kampus.

Setelah melalui Focus Group Discussion (FGD) dengan sivitas akademika Universitas Muhammadiyah Klaten, Jawa Tengah, dirumuskan strategi mewujudkan kemandirian ekonomi kampus berbasis web dengan nama UMKLAMART, di mana melalui web ini akan terbentuk marketplace untuk kegiatan ekonomi jual-beli produk-produk yang dihasilkan oleh dosen, karyawan dan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Klaten, Jawa Tengah.

Pada tahap selanjutnya juga akan dikembangkan agar marketplace dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas dengan menggandeng pimpinan persyarikatan Muhammadiyah di tingkat Ranting, Cabang maupun Daerah di wilayah Klaten.

Dijelaskan Suryo Pratolo, pengembangan marketplace UMKLAMART ini juga disinergikan dengan pendidikan kewirausahaan di kampus UMKLA. “Sehingga mahasiswa akan melaksanakan praktik bisnis secara nyata melakukan proses jual-beli layaknya proses jual-beli online pada platform e-commerce pada umumnya,” ungkap Suryo Pratolo.

Diharapkan, mahasiswa akan semakin memahami bagaimana berbisnis secara online harus dilakukan. (Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here