Buka Pameran Potensi Daerah 2023, Bupati Harap Bisa Jadi Sarana Membangun Citra Kabupaten Sleman

0
7
Bupati Sleman saat meninjau salah satu stand di PPD Kabupaten Sleman 2023 - (dok.Humas Pemkab Sleman)

KABAREWISATA.COM – Pameran Potensi Daerah (PPD) Kabupaten Sleman Tahun 2023 secara resmi dibuka oleh Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo pada Sabtu, 8 Juli di Lapangan Denggung Sleman. Pembukaan dilakukan secara simbolis dengan memainkan alat permainan tradisional Pletokan oleh Bupati Sleman Kustini Sti Purnomo bersama dengan Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa beserta jajaran OPD.

Dalam sambutannya, Kustini bersyukur PPD kembali dilaksanakan setelah 3 tahun ditunda karena pandemi Covid-19. Ia berharap dengan digelarnya kembali PPD tahun ini menjadi momentum kebangkitan Kabupaten Sleman dalam mendorong pemulihan perekonomian, serta membangun citra Kabupaten Sleman sebagai daerah yang prospektif dan kondusif untuk investasi.

“Upaya pemulihan perekonomian dan meningkatkan ekonomi masyarakat terus kami upayakan. Melalui PPD ini saya berharap dapat mengenalkan berbagai potensi Sleman dalam membangun citra Kabupaten Sleman,” ungkapnya.

Kustini mengatakan, dengan kolaborasi antara kegiatan ekonomi, seni budaya dan pertunjukan yang ada di PPD 2023 ini dimaksudkan untuk menjadi sarana bagi masyarakat dalam mempromosikan produknya, mengekspose potensinya dan menyajikan karya-karya kreatif dengan target pengunjung sebanyak 1000 hingga 2000 orang per hari.

“PPD 2023 adalah pekan pesta rakyat Kabupaten Sleman. Semoga menjadi ajang berkreasi, menjalin relasi, dan tentunya mencari rezeki. Mari kita larisi produknya, kita manfaatkan layanannya, dan kita sukseskan Pameran Potensi Daerah 2023,” ujarnya

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman, Mae Rusmi melaporkan, PPD 2023 bertujuan mempromosikan berbagai potensi daerah dan kebudayaan yang ada di 17 Kapanewon se Kabupaten Sleman. Gelaran PPD 2023 merupakan rangkaian Hari Jadi Sleman ke-107 dengan mengusung tema Nyawiji Lan Murakabi Sesarengan Mbangun Sleman yang dimaknai bersatu dan bermanfaat bagi semuanya.

“PPD 2023 dirancang agar masyarakat Sleman dapat menikmati produk-produk UMKM dan produk seni budaya kreatif khas dari masing-masing Kapanewon se Kabupaten Sleman,” terangnya.

PPD 2023 diselenggarakan selama 10 hari dari tanggal 7-16 Juli 2023. Mulai pukul 09.00 WIB – 21.00 WIB berlokasi di Gedung Serbaguna dan Komplek Lapangan Denggung Sleman. Rangkaian pembukaan juga dimeriahkan oleh Kirab Budaya Gunungan, penampilan Drumband Stimaryo, festival busana SMAN 1 Cangkringan dan UNY, serta Duta Koperasi dengan total partisipan kurang lebih 500 penampil.

Stan pameran terbagi dalam 9 zona yang terdiri dari BUMN, BUMD dan Universitas sebanyak 19 stan, Kuliner Kekinian 20 stan, Pendidikan 11 stan, UMKM Swasta 30 stan, Kapanewon dan OPD 66 stan, Kuliner 72 stan, Pertanian 25 stan dan Otomotif & Furniture Multi Produk 63 stan dengan total 306 stan pameran.

Selain itu, juga diramaikan dengan pentas kusik dan hiburan, talkshow temu komunitas, pagelaran seni budaya, Sleman bersholawat, lomba menggambar, dan tentu saja pameran. (fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here