Santuy dan Unik, Lomba Makan Kerupuk Paling Sopan di Dusun Sedan Ngaglik Sleman

0
6
Kemeriahan Lomba Makan Kerupuk di Dusun Sedan Sariharjo Ngaglik Sleman - (ist)

KABAREWISATA.COM – Belasan Warga RT 06, RW 34 Dusun Sedan, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, DIY turut menyemarakan peringatan HUT ke -79 Kemerdekaan RI dengan menggelar berbagai perlombaan, salah satunya lomba makan kerupuk sambil duduk, Sabtu (17/8/2024) malam yang berada didekat pos ronda RT 06 setempat.

Berbagai perlombaan khusus bagi bapak-bapak ini mulai dari menggiring balon dengan buah terong yang diikat tali dipinggul, makan kerupuk sambil duduk, perlombaan kartu gaple hingga kartu remi yang berlangsung hingga dini hari jelang adzan sholat subuh ini berlangsung meriah.

Khusus untuk perlombaan makan kerupuk yang biasanya peserta berdiri sambil makan kerupuk yang diikat, namun kali ini memiliki keunikan tersendiri.

Karena peserta makan kerupuk diwajibkan duduk dengan posisi tangan di belakang. Gelak tawapun muncul dari para peserta maupun warga yang menyaksikan perlombaan tersebut.

Tiupan angin maupun tali digoyang membuat peserta agak kesulitan menjangkau kerupuk yang digantung.

Ketua RW 34 Wahono yang turut hadir dalam perlombaan makan kerupuk sambil duduk ini mengatakan, perlombaan bukan dilihat dari menang kalah dan besar kecil hadiah yang didapatkan namun guyub rukun antarwarga menjadi penting.

“Karena tidak setiap hari sesama warga ketemu dikarekan kesibukan masing-masing. Sehingga momen perlombaan 17an lah sesama warga saling ketemu dan menjaga guyub rukun,” ujarnya.

Sementara salah satu peserta lomba makan kerupuk sambil duduk, Jati Pramono mengatakan, menang kalah bukanlah yang utama. “Tetapi kerukunan dan kekompakan sesama warga menjadi hal utama dan harus tetap dijaga,” katanya.

Sementara itu, Baharuddin Kamba selaku panitia menyebut, persiapan berbagai lomba termasuk lomba makan kerupuk sambil duduk ini secara spontanitas dan hanya butuh waktu 2 – 3 hari saja.

“Tidak ada persiapan khusus untuk menyiapkan berbagai perlombaan ini,” terangnya. (*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here