Dispar Sleman Perkuat Kapasitas dan Kelembagaan Desa Wisata

0
115
Pengelola Desa Wisata Palgading Ngaglik, Kabupaten Sleman, perkuat kapasitas dan kelembagaan desa wisata. (Foto: Istimewa)

KABAREWISATA.COM – Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman mengajak pengelola Desa Wisata Palgading Ngaglik, Kabupaten Sleman, untuk memperkuat kapasitas dan kelembagaan desa wisata.

Ajakan tersebut dikemas dalam bentuk pelatihan sumber daya manusia (SDM) pariwisata melalui kegiatan pokok pikiran anggota Komisi C DPRD Kabupaten Sleman, Timbul Saptowo, yang diselenggarakan pada 16-17 Januari 2024 di RM Ikan Manyung Bandulan, Kapanewon Ngaglik, Kabupaten Sleman.

Dalam pelatihan yang diikuti 30 orang peserta dari pengelola Desa Wisata Palgading, materi yang disampaikan adalah tata kelola desa wisata oleh Ketua Pengelola Desa Wisata Pentingsari Ciptaningtyas dan Pelayanan Prima dalam Desa Wisata oleh Minta Harsana dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Selain pembinaan dan pelatihan, juga dilaksanakan kegiatan benchmarking ke Desa Wisata Tuksongo Borobudur, Kabupaten Magelang.

Setelah rangkaian pelatihan dilanjutkan dengan pendampingan secara efektif selama 2 bulan dari praktisi pariwisata yang telah ditentukan.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Ishadi Zayid, SH, berharap dengan adanya program pelatihan SDM desa wisata ini ke depan desa wisata di Kabupaten Sleman dapat berkembang dengan baik. “Baik dari sisi pengelolaan dan pemanfaatan potensi maupun manajemen pengelolaan desa wisata,” kata Ishadi Zayid.

Dengan demikian, lanjut Ishadi, desa wisata benar-benar dapat memberikan kontribusi positif. “Dalam upaya peningkatan perekonomian warga masyarakat setempat,” katanya. (Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here