Dinpar Makassar dan BPD PHRI Sulsel Gelar Makassar Direct Sale Yogyakarta 2022

0
39

KABAREWISATA.COM – Direct flight Yogyakarta-Makassar sudah ada. Sehingga akses mobilitas dari Yogyakarta ke Makassar tidak menjadi kendala.

Menurut data PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia) Sulawesi Selatan, okupansi Kota Makassar juga banyak diisi wisatawan domestik yang berasal dari Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman dan Kabupaten Magelang.

Berkaitan hal tersebut, Dinas Pariwisata Kota Makassar dan BPD PHRI Sulawesi Selatan promosikan potensi pariwisata Kota Makassar di Yogyakarta pada 26 Juli 2022 di Hotel Santika Premiere Yogyakarta.

Diharapkan, melalui kegiatan tersebut dapat membangkitkan industri pariwisata Kota Makassar dengan mendatangi bisnis yang berasal dari Kota Yogyakarta.

Dengan mendatangi bisnis yang berasal dari Yogyakarta, pada kesempatan itu berhasil mendatangkan 75 buyer — di antaranya Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, BPD PHRI Yogyakarta, DPD ASITA Yogyakarta dan Event Organizer (EO) di Yogyakarta — dan melakukan kegiatan business to business sehingga dapat membangkitkan industri pariwisata di Kota Makassar.

Bagi Singgih Raharjo, SH, MEd, Kepala Dinas Pariwisata DIY, hal tersebut adalah momentum yang sangat baik. “Dan saling menguntungkan bagi para buyer dan seller,” kata Singgih Raharjo, yang menambahkan banyak potensi dari Makassar dan Yogyakarta.

Makassar tidak hanya destinasi wisata. Tapi juga event-event skala nasional. “Momen ini jangan dijadikan patokan Yogyakarta sebagai buyer, tapi bisa juga sebagai seller dengan kekayaan pariwisata Yogyakarta yang luar biasa,” ungkap Singgih Raharjo yang berharap untuk saling belajar dan bersinergi meningkatkan industri pariwisata di daerah masing-masing.

Di depan Sekdin Pariwisata Kota Yogyakarta Zandaru, Ketua PHRI DIY Dedi Pranowo, Ketua ASITA DIY Heri Setiawan, Ketua GIPI DIY Ardyanto Setyo Adji, Presiden IHGMA I Gede Aria Pering Arimbawa, Ketua IHGMA DIY Heriyadi, Ketua DPD ASTINDO Erwin Santoso dan Dirut F8 Sofyan Setiawan, Ketua BPD PHRI Sulawesi Selatan Anggiat Sinaga menyinggung banyaknya grup wisatawan yang diakomodir agen travel dari Yogyakarta.

“Sehingga banyak potensi dari DIY untuk melakukan kegiatan di Sulawesi Selatan, khususnya di Kota Makassar,” papar Anggiat Sinaga.

Ditambahkan Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar, Muhammad Roem, rombongan dari Sulawesi Selatan juga berkunjung ke Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman dan Dinas Pariwisata Kabupaten Magelang, didampingi Tim F8 Indonesia.

Pada kesempatan itu melakukan audiensi dan mengundang Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta untuk turut ambil bagian dalam pagelaran Festival Eigth yang diadakan September 2022 mendatang.

Selain itu mempromosikan pariwisata Kota Makassar dan event-event nasional di Makassar. “Agar wisatawan dari kota-kota besar seperti Yogyakarta bisa datang ke Makassar,” tandas Muhammad Roem. (Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here