PPK Ormawa dan P2MD di UAD Mengabdikan Diri kepada Masyarakat

0
20

KABAREWISATA.COM – Program Peningkatan Kapasitas (PPK) Organisasi Mahasiswa (Ormawa) dan Program Pemberdayaan Masyarakat Desa (P2MD) dari Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta dilepas Rektor UAD, Dr Muchlas, MT, di Islamic Center Kampus Utama UAD Jl Jenderal Ahmad Yani, Ringroad Selatan, Kragilan, Kalurahan Tamanan, Kapanewon Banguntapan, Kabupaten Bantul, Senin (4/7/2022).

Didampingi Rusydi Umar, Ph.D (Wakil Rektor UAD Bidang Akademik), Dr Gatot Sugiharto, SH, MH (Wakil Rektor UAD Bidang Kemahasiswaan dan Alumni), Choirul Fajri, MA (Kepala Bimawa), Beni Suhendra (Kabid KKN dan PM LPPM), Dr.rer.nat Endang Darmawan (Pembina PKM Center), Iis Suwartiningsih, M.Pd (Ketua Tim Pembina PPK Ormawa), Muchlas berharap agar kegiatan yang dilakukan tersebut sebaiknya tidak biasa-biasa saja.

“Namun harus yang luar biasa dan dampak adanya kegiatan tersebut harus dapat benar-benar dirasakan oleh masyarakat,” kata Muchlas di depan dosen pendamping.

Kepala Bidang Pembinaan Organisasi Kemahasiswaan dan Prestasi Mahasiswa Binawa UAD, Danang Sukantar, M.Pd, menyampaikan agar mahasiswa UAD bisa ikut berkontribusi dalam program ini.

Tahun ini ada perwakilan dari Ormawa yang lolos pendanaan dari Program PPK Ormawa. “Diharapkan mampu berkontribusi dalam peningkatan kapasitas Ormawa dan berkontribusi aktif, kreatif serta mandiri dalam mengabdikan diri kepada masyarakat,” ungkap Dr Gatot Sugiharto, SH, MH, Wakil Rektor UAD Bidang Kemahasiswaan dan Alumni.

Hingga saat ini, kata Gatot, ada 6 tim yang didanai ini setelah disaring dari 24 tim yang diajukan ke universitas. “Selanjutnya, disaring lagi menjadi 14 tim sebagaimana jumlah maksimal yang ditentukan oleh Kemendikbudristek,” kata Gatot.

Bagi Gatot, kegiatan PPK Ormawa ini menjadi wahana dalam pelatihan mengasah mental, kreativitas dan inovasi. “Apalagi tahun ini kuota proposal yang bisa diajukan lebih banyak dari tahun sebelumnya,” paparnya.

Untuk PPK Ormawa tahun ini lebih bagus dibanding sebelumnya karena kuota yang disediakan oleh pemerintah jauh lebih banyak. Tahun ini, Ormawa dari program diploma juga bisa turut berpatisipasi dalam P2MD.

Tim PPK Ormawa yang dilepas itu bagi program S1 dan P2MD program studi vokasi HMPS Bisnis dan Makanan (Bisma).

Selengkapnya adalah BEM FAST (Ketua Nurul Hidayah Rahmatika dan Dosen Drs Hadi Sasongko, M.Si), IMM FAST (Ketua Widi Pinastika Istifirofah dan Dosen Farid Suryanto, S.Pd, MT), HMPS Biologi (Ketua Hidayah dan Dosen Ambar Pratiwi, S.Si, M.Sc).

Kemudian IMM Farmasi (Ketua Intan Salsabila Almahaty dan Dosen Apt. Ginanjar Zukhruf Saputri, M.Sc), UKM Pramuka (Ketua Guritno Danar Dana dan Dosen Vera Yuli Erdiana, M.Pd), HMPS Bisma (Ketua Atika Silma Daima dan Dosen Yunda Maymanah Rahmadewi, STP, M.Sc).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here