Yogyakarta Royal Orchestra Gelar Konser Bertajuk Concerto Nusantara

0
5
Yogyakarta Royal Orchestra Gelar Konser Bertajuk Concerto Nusantara (ist)

KABAREWISATA.COM – Yogyakarta Royal Orchestra (YRO) besutan Kawedanan Kridhamardawa Keraton Yogyakarta kembali menggelar konser dengan tajuk “Concerto Nusantara” pada Selasa, 21 Juni 2022 di Kawasan Tebing Breksi, Sleman.

Konser yang diadakan dalam rangka memperingati Hari Musik Dunia 2022, bagi Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X sebagai bahana yang dapat menyatukan budaya dalam orkestrasi irama.

KPH Notonegoro selaku Pengageng Kawedanan Kridhamardawa, menyampaikan, musik seperti memberi jiwa ke alam semesta, memberikan sayap kepada pikiran, membawa pikiran terbang ke alam imajinasi. “Dan pada akhirnya memperindah kehidupan manusia,” tandasnya.

Seperti halnya ungkapan yang pernah disampaikan Plato, seorang filsuf Yunani ternama di zamannya. “Semoga malam ini kita bisa memaknai setiap alunan nada sebagai gumregahing garěgět manunggal seiring tekad From Concerto to Integratio,” ungkap Sri Sultan HB X.

Menurut Ngarsa Dalem, konser tersebut didominasi lagu-lagu nusantara, yang merupakan kolaborasi musik orkestra dan karawitan untuk mendukung tema Concerto Nusantara.

Pada konser kali ini juga dihadirkan soloist violin internasional, soloist sasando, dan saluang.

Konser ini, dikatakan Sri Sultan HB X, sekaligus menjadi selebrasi ulang tahun Yogyakarta Royal Orchestra (YRO) yang pertama.

Sementara itu, KPH Notonegoro dalam keterangan tertulisnya menjelaskan, gelaran konser baru kali pertama dilakukan secara luring terbatas.

Tiket reservasi dikoordinasi oleh Dinas Kebudayaan DIY dan diberikan secara gratis. Konser ini juga dapat disaksikan secara daring melalui kanal Youtube Kraton Jogja.

Harapannya, semoga konser kali ini bisa mengembalikan semangat seluruh lapisan masyarakat dalam mengingat kebhinekaan Indonesia yang menjadi modal persatuan bangsa.

Kepala Dinas Kebudayaan DIY, Dian Lakshmi Pratiwi, menyampaikan, adanya konser Yogyakarta Royal Orchestra dapat mewarnai keragaman konser-konser yang ada di Yogyakarta.

Yogyakarta Royal Orchestra sudah beberapa kali tampil. Di antaranya tampil perdana di Keraton Yogyakarta pada 21 Juni 2021, lalu akhir tahun 2021 di Gunungkidul, dan terakhir saat peringatan Hari Penegakan Kedaulatan Negara pada 30 Maret 2022.

Oleh karenanya, perlu kiranya konser Yogyakarta Royal Orchestra diadakan dalam suasana dan venue yang spesial dan berbeda.

Tampaknya, hal ini sangat berhasil dan menarik masyarakat. Tak hanya dari DIY saja, melainkan dari luar daerah, khususnya Jakarta. Sehingga diharapkan melalui Yogyakarta Royal Orchestra ini dapat bergema hingga luar negeri. Sehingga makna peringatan Hari Musik Dunia dapat tercapai. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here