Wow, Pasar Kangen Ada Dawet Ireng Jembut

0
22

KABAREWISATA.COM – Setelah dua tahun vakum karena pandemi Covid-19, event tahunan Pasar Kangen yang selalu dinanti masyarakat Yogyakarta kembali hadir pada 18-27 Agustus 2022 di Taman Budaya Yogyakarta.

Bertemakan “Kumandhange Pasar Ora Cucul Ora Ngebul” Pasar Kangen 2022 sangat semarak dengan nuansa tempo dulu dan dengan kuliner jadul. Ada pula barang lawasan (antik) yang menjadi magnet masyarakat untuk kunjungi Pasar Kangen 2022.

Salah satu kuliner khas yang jadi pusat perhatian adalah dawet ireng Jembut. Eits, jangan berpikiran negatif dulu. Jembut itu adalah Jembatan Butuh. Brand minuman es dawet hitam ini berasal dari Kecamatan Butuh, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

“Wajib hukumnya membeli es dawet ireng Jembut ketika kunjungi pasar kangen,” ungkap Itock Van Diera, pengunjung Pasar Kangen 2022, Selasa (23/8/2022).

Tiap ada Pasar Kangen, Itock dipastikan selalu membeli es dawet ireng Jembut. “Dahaga langsung lepas,” ungkapnya.

Ketika kunjungi Pasar Kangen, masyarakat juga dimanjakan berbagai sajian kuliner jadul lainnya: gethuk, mie pentil, cenil, tolpit, jadah tempe, rujak cingur, kerupuk mie, es goyang, bir plethok dan sebagainya.

Berbagai koleksi barang antik, buku-buku langka, uang rupiah jadul, perangko dan barang seni lainnya seperti lukisan, sketsa wajah dan karikatur, turut mewarnai semarak gelaran Pasar Kangen 2022. (Rmd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here