Wisuda ke-71, UMP Berhasil Cetak 43.932 Alumni dari Berbagai Prodi

0
19

KABAREWISATA.COM – Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) gelar wisuda ke-71 Magister, Sarjana dan Ahli Madya di Auditorium Ukhuwah Islamiyah, Sabtu (10/6/2023).

Wisuda ke-71 tersebut UMP telah berhasil mencetak 43.932 alumni dari profesi dokter, bidan, ners, sarjana, diploma hingga magister.

Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kerjasama, Ir Aman Suyadi, MP, dalam laporannya mengatakan bahwa wisuda kali ini merupakan prosesi pelepasan Magister, Sarjana dan Ahli Madya ke-71 yang merupakan Wisuda ke-58 setelah alih bentuk dari IKIP Muhammadiyah Purwokerto menjadi Universitas Muhammadiyah Purwokerto pada tahun 1995.

Jumlah mahasiswa yang berhasil lulus dan diwisuda kali ini sebanyak 234 orang, terdiri dari Program Magister (S-2) sebanyak 11 orang, Program Sarjana (S-1) sebanyak 218 orang, Program Diploma Empat (D-4) sebanyak 4 orang dan Program Diploma Tiga (D-3) sebanyak 1 orang.

Jumlah Magister, Sarjana, Diploma dan Profesi yang telah dihasilkan oleh Universitas Muhammadiyah Purwokerto sampai dengan hari ini sebanyak 43.932 alumni.

Dengan rincian Magister 735 orang, Sarjana 32.406 orang, Diploma Empat 235 orang, Diploma Tiga 3.338 orang, Diploma Dua 1.553 orang, Akta Mengajar 1.332 orang, Profesi Apoteker 2.708 orang, Profesi Ners 1.420 orang, Profesi Bidan 15 orang dan Profesi Dokter 190 orang.

Rektor UMP, Assoc Prof Dr Jebul Suroso, mengatakan, wisuda merupakan momen yang sangat berharga dan istimewa. “Oleh karena itu ibu dan bapak wali mahasiswa telah berhasil menyampaikan tugas mulia. Semoga ilmu yang didapatkan menjadi ilmu yang bermanfaat,” kata Jebul Suroso.

Lanjutnya lagi, jadikan momen wisuda ini sebagai sarana kita dan waktu kita untuk banyak bersyukur kepada Allah SWT. “Karena setinggi apapun kita nantinya, kesuksesan seperti apapun yang kita raih, itu semata-mata karena ridho dan karunia dari Allah SWT,” papar Jebul Suroso.

Bagi Rektor UMP, keberhasilan wisudawan adalah keberhasilan orang tua. “Ada keringat ada air mata, sampai berdarah-darah yang dilakukan oleh orang tua wali kalian,” katanya.

UMP saat ini memiliki 11 fakultas dan 49 program studi yang sebagian besar di antaranya telah terakreditasi unggul dan baik sekali.

Mahasiswa UMP saat ini ada 15.700 orang berasal dari Jawa Tengah dan seluruh kepulauan Indonesia, bahkan dari luar negeri.

UMP berdasarkan perangkingan di tahun 2023 menempati posisi lima perguruan tinggi terbaik Muhammadiyah dan Aisyiyah dari 171 perguruan tinggi Indonesia. Dan UMP adalah perguruan tinggi swasta terbaik 20 di level ASEAN. (Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here