Warga Condongcatur Membumikan Nilai-nilai Pancasila

0
39

KABAREWISATA.COM – Untuk pertama kalinya, pendopo Kalurahan Condongcatur digunakan silaturahmi antara Pemerintah Kalurahan Condongcatur dengan masyarakat dalam acara tasyakuran HUT ke-78 Republik Indonesia, Kamis malam (17/8/2023).

Sebagai wujud syukur selesainya pembangunan di Kalurahan Condongcatur serta prestasi yang telah diraih, dipanjatkan doa keselamatan dan pemotongan tumpeng: tumapaking panguripan, tumindak lempeng tumuju Pangeran.

Potongan tumpeng diserahkan Lurah Condongcatur Reno Candra Sangaji kepada Jagabaya Condongcatur Rusmanto, SH.

“Kita harus berkiblat kepada pemikiran bahwa manusia itu harus hidup menuju jalan Allah SWT dan tumpeng ini mempunyai makna kebersamaan,” ungkap Rusmanto.

Lurah Condongcatur, Reno Candra Sangaji, S.IP, M.IP, mengatakan, pendopo baru Kalurahan Condongcatur yang auranya lebih gagah merepresentasikan Condongcatur dengan masyarakat yang beragam. “Tetapi selalu guyup rukun,” kata Reno.

Menurut Reno, mulai September 2023 akan dimulai pembangunan ruang gamelan yang berada di bangunan belakang pendopo Kalurahan Condongcatur.

Panewu Depok, Wawan Widiantoro, S.IP, MPA, mengapresiasi dengan selesainya pendopo Kalurahan Condongcatur yang representatif. “Semoga bisa digunakan untuk kegiatan acara pemerintahan kalurahan dan kegiatan masyarakat,” kata Wawan.

Menyinggung tasyakuran HUT ke-78 RI, Panewu Depok berharap untuk dapat membumikan nilai-nilai Pancasila, khususnya bagi generasi muda. “Agar tidak luntur dan terpengaruh oleh budaya barat,” kata Wawan.

Selain itu, juga tantangan bagaimana menciptakan usaha untuk menjadikan berdikari ekonomi seluruh warga. “Sehingga dapat sejahtera,” tandasnya.

Panewu Depok juga berharap kepada warga masyarakat untuk menjaga kepribadian budaya Indonesia dengan mengajarkan generasi muda tentang sejarah, tradisi dan nilai-nilai budaya Indonesia.

“Mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga budaya dan memberikan dukungan pada upaya pelestarian dengan memberikan wadah dan fasilitas kelompok seni budaya,” katanya.

Hal tersebut, kata Panewu Depok Wawan Widiantoro, S.IP, MPA, agar generasi muda tidak luntur rasa nasionalismenya. (Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here