Upacara Giri Kerti, Jaga Kelestarian Alam

0
6

KABAREWISATA.COM – Menyambut peringatan hari raya Nyepi 1945 Caka, umat Hindu di Kabupaten Sleman mengadakan upacara Giri Kerti di Taman Kaliurang, Sleman, Sabtu (25/2023), dihadiri Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, bersama jajaran.

Kustini mengapresiasi Parisada Hindu Dharma Indonesia Kabupaten Sleman yang telah menggelar acara Giri Kerti.

Menurutnya, acara ini memberikan pemahaman agar kita dapat menjaga kelestarian alam sebagai bagian dari hubungan yang harmonis antara manusia dengan alam, antara manusia dengan sesama manusia serta antara manusia dengan Tuhan.

Bupati Sleman juga mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga kelestarian alam. “Terutama gunung Merapi yang telah banyak menopang kehidupan masyarakat sekitar,” ujar Kustini.

Ditegaskan Kustini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman berkomitmen menjadi Rumah Bersama bagi seluruh elemen masyarakat. “Keberagaman penduduk di Kabupaten Sleman merupakan kekayaan yang harus kita jaga bersama,” kata Kustini

Untuk itu, Kustini mengajak seluruh masyarakat Sleman agar dapat mengedepankan sikap toleransi antarsesama masyarakat. “Terlepas dari berbagai latar belakang yang ada,” tandasnya.

Sementara itu disampaikan Marnoko, S.Ag selaku ketua panitia, kegiatan ini merupakan rangkaian dari peringatan hari raya Nyepi Nasional 1945 Caka.

Giri Kerti sendiri, menurutnya, berarti memberi pelayanan kepada gunung. “Atau bisa juga diartikan menjaga kelestarian gunung, alam sekitar dan melayani sesama makhluk Tuhan,” terang Marnoko.

Bagi Marnoko, dalam ajaran Hindu di Yogyakarta ini punya tiga keharmonisan yang harus dilaksanakan, yakni hubungan dengan pantai, hubungan dengan Keraton atau tugu, dan hubungan dengan gunung Merapi.

Dikatakannya, upacara peringatan hari raya Nyepi Nasional kali ini mengangkat tema “Melalui Dharma Agama dan Dharma Negara, Kita Sukseskan Pesta Demokrasi Indonesia”.

Adapun acara puncak Nyepi bagi umat Hindu di Kabupaten Sleman dan sekitarnya akan diadakan acara Tawur Agung di Candi Prambanan pada 22 Maret 2023. (Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here