Universitas Widya Mataram Yogyakarta Miliki Kampus Terpadu

0
77

KABAREWISATA.COM – Di usianya yang ke-40, Universitas Widya Mataram (UWM) Yogyakarta menorehkan sejarah baru.

Kampus yang didirikan pada 7 Oktober 1982 oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX bersama putra mahkota KGPH Mangkubumi (Sri Sultan Hamengku Buwono X), kini memiliki gedung baru.

Ke depan, Kampus Terpadu UWM yang berada di Jalan Tatabumi Selatan, Banyuraden, Kapanewon Gamping, Kabupaten Sleman, siap digunakan untuk kegiatan akademik dan pelayanan pendidikan lainnya.

Wisuda periode ke-61 yang dilaksanakan pada 3 September 2022 menjadi momentum bersejarah untuk UWM Yogyakarta yang saat ini berusia 40 tahun.

Dulu, peletakan batu pertama pembangunan kampus baru dilakukan Sri Sultan Hamengku Buwono X selaku Gubernur DIY sekaligus Ketua Dewan Pembina Yayasan Mataram Yogyakarta pada 5 September 2021.

Pembangunan tahap pertama terdiri dari gedung rektorat dan ruang perkuliahan serta pendopo agung, yang saat ini telah selesai. “Saat perkuliahan aktif, ruang-ruang kelas di lantai tiga gedung rektorat menjadi tempat kuliah mahasiswa,” kata Rektor UWM Prof Dr Edy Suandi Hamid, Sabtu (3/9/2022).

Di atas lahan kampus UWM Yogyakarta seluas 26.209 meter persegi, untuk pembangunan tahap pertama sudah selesai dan memanfaatkan lahan 15 ribu meter pergi. Digunakan untuk gedung rektorat tiga lantai seluas 2.520 meter persegi terdiri dari 24 ruang, pendopo dengan luas 32 x 33 (1.056 meter persegi), gerbang kampus, area parkir, dan taman dengan luas 5 ribu meter persegi.

Sementara itu untuk pembangunan tahap kedua akan dibangun gedung perkuliahan 4 unit beserta fasilitas kampus, yaitu sporthall dan amphitheater serta Religious Center.

“Momentum besar lain yang juga ditorehkan UWM dalam prestasi pengembangan akademik,” ungkap Prof Dr Edy Suandi Hamid.

Fakultas Hukum — satu dari empat fakultas di UWM Yogyakarta — membuka kuliah magister hukum, dengan konsentrasi hukum bisnis pariwisata, hukum kepolisian dan advokat serta hukum keistimewaan DIY.

Program magister hukum sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 521/E/O/2022 tentang Izin Pembukaan Program Studi Hukum Program Magister Hukum UWM. (Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here