Unismuh Palu Menuju PT yang Unggul, Islami dan Berkemajuan

0
12

Prof Dr H Rajindra, SE, MM, Rektor Unismuh Palu, pada acara talk show “Kabar Muhammadiyah” pada 21 Desember 2022. (Foto: Istimewa)

 

KABAREWISATA.COM – Derap berkemajuan Muhammadiyah di bidang pendidikan, berderap di Palu, Sulawesi Tengah.

Prof Dr H Rajindra, SE, MM, Rektor Unismuh Palu pada acara talk show Kabar Muhammadiyah pada 21 Desember 2022, mengatakan, kehadiran universitas ini tentu sebagai salah satu wujud komitmen dan tanggung jawab Muhammadiyah untuk umat dan bangsa. “Khususnya dalam memenuhi hak masyarakat untuk menerima ilmu dan pendidikan,” kata Rajindra.

Pasca gempa, tsunami dan likuifaksi yang menerjang Palu, Sulawesi Tengah, Unismuh Palu terus melakukan Inovasi dan strategi. “Agar lebih dikenal secara nasional maupun internasional,” ungkap Rajindra.

Dikatakannya, melalui kerja penelitian untuk menghasilkan riset terapan sesuai kebutuhan masyarakat luas dan selanjutnya menjadi rujukan pemerintah dalam mengeluarkan kebijakan pembangunan daerah.

Keunggulan lain yang dicanangkan oleh Unismuh Palu, yakni pembelajaran dan pengabdian masyarakat yang berwawasan Islami.

Melalui perjuangan yang telah dilakukan, Unismuh Palu meraih beberapa penghargaan, di antaranya sebagai PTS terbaik se-Sulawesi Tengah dari 32 PTS di Sulawesi Tengah, pelaksana program kampus merdeka belajar terbanyak se-Sulawesi Tengah, pembuatan laporan Dikti terbaik, Perguruan Tinggi Swasta dengan kinerja terbaik, dll.

Capaian ini menjadi sebuah motivasi untuk terus berbuat yang terbaik untuk universitas itu. “Ini adalah hasil kerja bersama semua civitas akademika Unismuh Palu sebagai sebuah tim kolosal yang solid,” papar Rajindra.

Dengan cita-cita yang sama mengantarkan kampus ini sebagai perguruan tinggi yang unggul dalam pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berwawasan Islam pada tahun 2025.

Sebagai upaya terus meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM), maka Unismuh Palu mendorong dosen untuk studi lanjut ke jenjang lebih tinggi. “Dan aktif dalam penulisan artikel ilmiah yang terindeks Scopus,” terang Rajindra.

Pengabdian dosen dan mahasiswa ke masyarakat penuh inovasi dengan melibatkan muatan lokal seperti pemanfaatan jahe yang dikemas dengan JaheMU, pembuatan kursi rotan dan pembuatan arang tempurung kelapa untuk membantu menambah pendapat masyarakat. (Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here