UKDW Yogyakarta Berpartisipasi dalam Kasetsart University Academic Forum

0
12

KABAREWISATA.COM – Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta yang diwakili oleh Wakil Rektor 4 Bidang Pengembangan Kapasitas Sumber Daya Manusia dan Jejaring, Pdt. Handi Hadiwitanto, Ph.D, hadir dalam acara Kasetsart University Academic Forum: In Celebration of the 80th Anniversary of Kasetsart University, Thailand, awal Februari 2023.

Tidak hanya UKDW. Sejumlah perguruan tinggi mitra dari berbagai negara seperti Jepang, Kamboja, Vietnam, Filipina, Taiwan, Cina, dan Indonesia berpartisipasi dalam forum tersebut.

Mengangkat tema “Higher Education and Leadership for Global Goals: Sustainable Development and Beyond”, para pembicara menekankan kerjasama global untuk memperjuangkan sustainability, terutama energi dan lingkungan.

Prof Dr Tanizawa Yukio dari Yamaguchi University, Jepang, menyampaikan kuliah mengenai carbon neutral untuk green society, di mana universitas perlu membangun penelitian-penelitian yang memberikan fokus pada persoalan carbon neutral.

Sementara itu, Prof Dr Andreas Pyka dari University of Hohenheim, Jerman, memberi penekanan dalam memahami persoalan-persoalan lokal, bukan berangkat dari isu global yang belum tentu sama sehingga menghadirkan kreativitas yang relevan.

Prof Dr Steven D Hanson dari Michigan State University, USA, memaparkan materi terkait global engagemenet dan partnership untuk membangun link global, terutama persoalan climate and community.

Sedangkan Prof Dr Chew Fook Tim dari National University of Singapore memperkenalkan apa yang sedang dikembangkan oleh NUS berdasarkan situasi dan persoalan lokal, yaitu agri-food dalam konteks urban industry.

“Inovasi yang saat ini dilakukan adalah terutama pada urban farming yang dalam pelaksanaannya memerlukan inovasi dan kolaborasi. Hal ini dilakukan sebagai antisipasi dan transformasi ke masyarakat 5.0,” terang Chew Fook Tim.

Dalam kesempatan tersebut Pdt. Handi Hadiwitanto, Ph.D menjajaki kemungkinan beberapa kerjasama yang dapat dilakukan oleh UKDW Yogyakarta dengan Kasetsart University terkait kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan tawaran kesempatan bagi mahasiswa maupun alumni UKDW untuk ikut program beasiswa pascasarjana, khususnya dari Prodi Bioteknologi dan Prodi Manajemen.

Selain itu, UKDW Yogyakarta juga menjajaki kemungkinan kerjasama dengan Chuo University Jepang terkait kemungkinan kolaborasi proyek penelitian maupun proyek pengabdian masyarakat untuk Fakultas Teknologi Informasi serta Fakultas Arsitektur dan Desain. (Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here