UIN Sunan Kalijaga Dukung AICIS Tahun 2023

0
14

KABAREWISATA.COM – Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta berkomitmen penuh dalam mendukung dan menyukseskan perhelatan The 22nd Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) Tahun 2023 yang diselenggarakan Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kementerian Agama RI, Selasa (2/5/2023).

Dukungan ini ditunjukkan dengan hadirnya Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof Dr phil Al Makin, MA, beserta Wakil Rektor, Kabiro, dan jajaran dekanat dalam upacara pembukaan AICIS 2023 yang dilangsungkan di Sport Center UIN Sunan Ampel Surabaya, Jawa Timur.

Juga keikutsertaan sivitas akademika dalam konferensi tahunan berskala internasional yang dibuka langsung oleh Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas.

AICIS 2023 yang mengusung tema “Recontextualizing Fiqh for Equal Humanity and Sustainable Peace”, fokus pada pembahasan tentang rekontekstualisasi fiqh sebagai suatu keharusan untuk mendukung prinsip kesetaraan dan perdamaian yang berkelanjutan.

Pada perhelatan akbar ini, sivitas akademika UIN Sunan Kalijaga terlibat aktif. Di antaranya Prof Noorhaidi Hasan, Ph.D yang menjabat Chair of AICIS Conference. Kemudian, Prof Dr Siti Ruhaini Dzuhayatin, yang menjadi pembicara kunci pada Pleno Satu yang diselenggarakan pada 3 Mei 2023.

Sesi Pleno pertama ini mengangkat topik “Rethinking Fiqh for Non-violent Religious Practices” yang melibatkan tiga pembicara kunci, yakni Prof Dr Siti Ruhaini Dzuhayatin, Ketua umum PBNU Dr (HC) KH Yahya Cholil Staquf dan Prof Abdullahi Ahmed An Na’im (cendekiawan Universitas Emory, Amerika Serikat).

Selain itu, tim Pusat Layanan Difabel (PLD) UIN Sunan Kalijaga juga didapuk untuk menjadi juru bahasa isyarat dalam AICIS 2023. Mereka bertugas menerjemahkan pemaparan dari pembicara, baik bahasa asing maupun bahasa Indonesia.

Kemudian, sebanyak 17 mahasiswa dan dosen UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta terpilih menjadi panelis dalam kegiatan berskala internasional ini.

Nantinya, para panelis akan mempresentasikan hasil-hasil penelitian terbaru dan memberikan pemikiran kritis terhadap berbagai isu tersebut. Setidaknya, ada 10 tema besar yang dibedah dalam AICIS 2023. (*/Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here