UAJY Wadahi Ide Kreatif dan Kembangkan Skill Komunikasi Generasi Muda 

0
20

KABAREWISATA.COM – Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi (HMPSKom) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) kembali menggelar Communication Interest Festival (COMMINFEST) tahun 2023 dengan tema “IMPROVE: Increasing, Monitoring, Predicting the Rate of Virtues of Employee”.

Tema tersebut erat kaitannya dengan pentingnya meningkatkan pemerataan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan. Dan Comminfest ini terdiri dari rangkaian kegiatan yang mengajak generasi muda dan masyarakat untuk dapat berpartisipasi dalam perlombaan maupun talkshow.

Mata lomba meliputi Artriwara, RAC, Lumens, Broaday dan The Prime. Total perolehan peserta maupun tim pada kelima mata lomba Comminfest mencapai jumlah 313 dari seluruh Indonesia.

Pada babak penyisihan terpilih 26 orang peserta sebagai finalis yang berkesempatan menjadi juara di ajang perlombaan nasional ini.

Opening Ceremony Comminfest yang dilaksanakan di Auditorium 2 Kampus Thomas Aquinas UAJY dihadiri FX Bambang Kusuma Prihandono, S.Sos, MA selaku Dekan FISIP UAJY, Ranggabumi Nuswantoro, Sos, MA selaku Ketua Prodi Ilmu Komunikasi dan Desideria Cempaka Wijaya, Ph.D selaku Dosen Pembimbing Comminfest.

Digelar pula talkshow yang mengusung tema “Importance of Digital Literacy to Improve Communication Skill” yang disampaikan Sari Esayanti (General Superintendent Corporate Communication Freeport Indonesia) dan Agnes Dolok Saribu (Business Growth Assistant Manager Grab).

Dekan FISIP, FX Bambang Kusuma Prihandono, S.Sos, MA, memaparkan, rangkaian kegiatan telah dilalui bersama. “Dan mampu melahirkan motivasi untuk pengembangan skill komunikasi yang lebih baik,” katanya.

Dari festival yang diselenggarakan UAJY ini akan berbuah, akan mengalir ide-ide inspirasi yang diharapkan tidak hanya berhenti pada ruangan ini, tidak hanya berhenti pada tahun ini. “Tetapi akan mengalir terus sampai kapan pun itu yang menjadi kekuatan kita,” ungkap Bambang.

Keyakinan tersebut didukung oleh kesadaran mengenai pentingnya keterlibatan diri di era teknologi digital saat ini.

“Kita akan menjadi orang yang kemudian bisa berpartisipasi aktif di era informasi ini,” kata Ranggabumi Nuswantoro, Sos, MA selaku Ketua Prodi Ilmu Komunikasi..

Jadi tidak sekadar menjadi konsumen informasi. “Tapi kita juga menjadi produsen informasi dan itu u tentunya butuh juga pemahaman, pengetahunan dan Comminfest menyediakan itu semua,” ujar Rangga.

Ke depan, Comminfest juga turut berkembang dalam mewadahi secara menyeluruh, baik itu generasi muda maupun masyarakat.

“Semoga tahun depan ada lomba SMA, supaya teman-teman SMA bisa semangat ikut dan semangat berpartisipasi dalam mengembangkan skil-skil komunikasi yang saat ini luar biasa dibutuhkan di dunia kerja,” jelas Desideria Cempaka Wijaya, Ph.D selaku Dosen Pembimbing Comminfest.

Closing Ceremony Comminfest diumumkan pemenang lomba. Tiga juara telah terpilih dari tiap mata lomba.

Mata Lomba ARTRIWARA Juara 1 Karet Lama (Universitas Padjajaran), Juara 2 Tim Sembarang Wes (Universitas Negeri Surabaya) dan Juara 3 Arindama (Universitas Padjajaran).

Mata Lomba RAC Juara 1 Adaswara (Universitas Padjajaran), Juara 2 The AMDG (Universitas Gadjah Mada) dan Juara 3 Charlie Angels (Universitas Padjajaran).

Mata Lomba LUMENS Juara 1 Bejana Creative (Universitas Atma Jaya Yogyakarta), Juara 2 Berasa Creative (Universitas Atma Jaya Yogyakarta) dan Juara 3 HahaHihi (Universitas Kristen Petra).

Mata Lomba BROADAY Juara 1 Three Musketeers (Universitas Atma Jaya Yogyakarta), Juara 2 Big Mac (Universitas Atma Jaya Yogyakarta), Juara 3 Starform (Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita).

Mata Lomba THE PRIME Juara 1 TimNas (Universitas Padjadjaran), Juara 2 IKEA (Universitas Gadjah Mada), Juara 3 Yaudaaah Boleeeh (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta).

Adapun sebagai Juara Favorit adalah Amerta (Universitas Atma Jaya Yogyakarta). (Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here