UAJY Peduli Lingkungan Gelar Seminar Nasional Ekologi

0
7
Usai penandatanganan MoU terkait pemberian beasiswa bagi mahasiswa UAJY. (Foto: Istimewa)

KABAREWISATA.COM – Dalam rangka Dies Natalis ke-58 Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), belum lama ini diadakan Seminar Nasional Literasi Ilmiah untuk Transformasi Ekologi Integral Berkelanjutan bertemakan membangun kesadaran ekologis yang berbasis pengetahuan.

Seminar yang dinaungi oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) tersebut dilaksanakan di Auditorium Kampus II, Gedung Thomas Aquinas UAJY.

Dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan lingkungan di Indonesia yang menjadi perhatian khusus dari semua kalangan. Salah satunya adalah kasus kebakaran lahan gambut di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) pada 31 Agustus 2023.

Menjawab permasalahan lingkungan tersebut seminar ini mengundang Bagja Hidayat (Redaktur Executive Majalah Tempo), Siti Maimunah, Ph.D (Mama Aleta Fund), Mgr. Pius Riana Prapdi (Uskup Keuskupan Ketapang) dan Ir. Ign. Pramana Yuda, M.Si., Ph.D (Peneliti dan Akademisi UAJY).

Kalau kita membaca berita kasus kebakaran Gunung Bromo, wartawan selalu memberitakan bahwa api itu buruk, tetapi dalam ekosistem api diperlukan untuk regenerasi habitat. “Masalahnya apabila yang membakar lahan adalah perusahaan, ini akan menjadi rumit,” tegas Bagja.

Seminar nasional tersebut terbagi menjadi dua sesi pembahasan. Sesi pertama membahas fakta lingkungan terkait rusaknya ekosistem diisi oleh Bagja Hidayat dan Siti Maimunah, Ph.D.

Sedangkan sesi kedua dengan topik refleksi terhadap rusaknya ekosistem dan hal konkret untuk melakukan transformasi ekologi integral berkelanjutan diisi oleh Mgr. Pius Riana Prapdi dan Ir. Ign. Pramana Yuda, M.Si., Ph.D.

Sebagai rangkaian dari acara tersebut juga dilaksanakan penandatanganan MoU terkait pemberian beasiswa bagi mahasiswa antara Rektor UAJY Dr. G. Sri Nurhartanto, S.H., LL.M dengan Mgr. Pius Riana Prapdi Uskup Keuskupan Ketapang. (Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here