Turunnya Wisatawan, DIY Belum Ada Unique Point

0
46
Bobby Ardiyanto Setyo Adji, Ketua DPD GIPI DIY, mengeluhkan turunnya wisatawan. (Foto: Affan)

KABAREWISATA.COM – Banyak faktor yang menjadi pemicu penurunan jumlah wisatawan. Salah satu hal yang menyebabkan berkurangnya jumlah kunjungan wisatawan di antaranya adalah belum adanya unique point dari 4 kabupaten dan 1 kota di DIY.

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) DIY juga mengeluhkan kecenderungan jumlah wisatawan ke DIY yang mengalami stagnansi. “Bahkan penurunan,” tandas Bobby Ardiyanto Setyo Adji Ketua DPD GIPI DIY kemarin.

Menurut Bobby, jika hal tersebut terus dibiarkan, maka ditakutkan akan terus mengalami penurunan kunjungan wisatawan.

Menyoal atraksi wisata, Bobby mengatakan terkesan hampir sama di 4 kabupaten dan 1 kota di DIY. “Sehingga terjadi persaingan yang kurang sehat,” kata Bobby.

Sementara itu, pengembangan infrastruktur tol yang akan menghubungkan Solo-Yogyakarta, dikhawatirkan juga akan berimbas pada turunnya kunjungan wisatawan dan belanja wisatawan.

Bagi Bobby dalam waktu setahun ini harus ada perubahan yang signifikan. “Baik produk maupun pelayanan pariwisata di DIY,” ungkapnya.

GIPI DIY siap mendukung dan mewujudkan destinasi pariwisata yang bertanggung jawab serta menciptakan kenyamanan dan keamanan bagi wisatawan.

“Nantinya wisatawan akan semakin lama tinggal untuk menikmati daya tarik dan keunikan destinasi wisata di DIY,” kata Bobby yang menambahkan permasalahan produk menjadi salah satu yang krusial di dunia pariwisata DIY. (Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here