Tur Buku KPG Hadir Menyapa Warga Yogyakarta dan Solo

0
65

KABAREWISATA.COM – Selain menggelar acara nonton bareng “Laut Bercerita” di Yogyakarta pada 3 Maret 2023 dan Solo pada 6 Maret 2023, diadakan pula bincang buku.

Nobar yang diadakan Gramedia, Penerbit KPG bersama Yayasan Dian Sastro dan Cineria Film bekerja sama dengan Tim Pameran Pekan Film (Parfim) dari Sekolah Tinggi Multi Media “MMTC” Yogyakarta serta Bentara Budaya Solo dan Gramedia Solo Slamet Riyadi.

Untuk acara bincang buku menjawab antusiasme pembaca karya Leila Salikha Chudori di sosial media (sosmed). Selain juga merupakan upaya Gramedia pada perayaan usia ke-53 yang mengusung tema #lebihdekat.

Perjalanan KPG di Yogyakarta dan Solo dapat diikuti melalui acara bincang buku yang mengupas novel-novel berlandaskan kisah nyata, seperti “Bui” karya Alan TH dan “Re:” dan “peREmpuan” karya Maman Suherman yang berlangsung dalam tiga hari di tiga tempat berbeda pada 27 Februari 2023 sampai 1 Maret 2023.

Menghadirkan dua penulis: Maman Suherman (penulis dan pegiat literasi) dan Alan TH (penulis novel Sungging) serta aktor kawakan Tyo Pakusadewo yang menjadi inspirasi penulisan novel Bui.

Pada 27 Februari 2023 lalu, Penerbit KPG bersama Alan TH dan Tyo Pakusadewo telah menggelar monolog dan diskusi buku “Bui” dalam rangkaian Pameran Tunggal Suharmanto di Jogja Gallery.

Bui adalah sebuah novel semibiografi yang cukup ramai menjadi perbincangan berbagai kanal podcast di YouTube.

Dengan mengangkat lika-liku kehidupan Tyo Pakusadewo, aktor senior Indonesia yang terjerat dalam dunia gelap narkoba, Bui menampilkan refleksi mendalam tentang carut marut, tindak zalim, dan makna yang kabur akan praktik peradilan Indonesia.

Buku ini juga mengungkap kejahatan besar dan terorganisir yang merajalela di tanah air, namun tak pernah terlihat wujud utuhnya.

Kemudian pada 28 Februari 2023 di Gramedia Sudirman Yogyakarta, Alan TH dan Tyo Pakusadewo bersama Maman Suherman membahas karya-karya buku mereka yang viral dengan tema #BincangBuku “Fiksi tentang Apa-apa yang Nonfiksi”.

Acara #BincangBuku ini juga terselenggara di Gramedia Solo Slamet Riyadi pada 1 Maret 2023 yang menghadirkan Maman Suherman sebagai narasumber utama.

Membahas karya-karya viral dari Maman Suherman. Salah satunya novel “Re:” dan “Perempuan” (KPG, 2021).

Novel ini merupakan penyatuan dari dua novel dengan judul sama, mengangkat isu kemanusiaan dari kehidupan perempuan malam bernama Rere, yang karena stigma masyarakat sampai akhir hayatnya tak dapat memeluk putri semata wayangnya, Melur.

Meski ditulis sebagai novel, Re: adalah sosok yang nyata dan sangat berjasa bagi Kang Maman.

Berkat Re:, Kang Maman dapat menyelesaikan tugas akhir kuliahnya. Berdasarkan permintaan Re: juga Kang Maman menulis novel “Re:” (KPG, 2014) dan “peREmpuan” (KPG, 2016), kisah di balik layar sekaligus sekuelnya “Re;nkarnasi” (KPG, 2020) dan buku puisi “Perempuan Jika Itulah Namamu” (Grasindo, 2018). (Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here