TP PKK Kabupaten Bangka Studi Tiru di Pemkal Condongcatur

0
27

KABAREWISATA.COM – Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Bangka, Bangka Belitung, melakukan kunjungan studi tiru di Pemerintah Kalurahan Condongcatur, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman, Kamis (9/3/2023).

Kegiatan TP PKK Kabupaten Bangka dengan tema “Penguatan dan Pengelolaan Program PKK untuk Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga” dipimpin Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Bangka, Dalian Amri.

Ikut dalam rombongan tersebut Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bangka dan Ketua APDESI Kabupaten Bangka. Selain itu 8 orang TP PKK Kecamatan dan 95 orang TP PKK Kalurahan se-Kabupaten Bangka

Lurah Condongcatur, Reno Candra Sangaji, SIP, MIP, mengatakan, Condongcatur memiliki berbagai potensi yang telah dikembangkan. “Salah satunya adalah sektor UMKM dan tergabung dalam Forkom UMKM Condongcatur,” jelas Reno.

Dikatakan Reno, Pemerintah Kalurahan Condongcatur bermitra dengan Ruang 412 untuk pengembangan UMKM. “Di mana produk yang dihasilkan oleh kelompok UMKM dibantu pemasarannya secara digital, diolah dan dikurasi oleh anak-anak muda yang paham akan dunia digital marketing,” papar Reno.

Ruang 412 adalah Ruang Berkarya. Perusahaan inkubasi bisnis, community dan collaboration yang memiliki perhatian serius terhadap pembangunan ekosistem bisnis industri UMKM dan berlokasi di Pandeansari, Gandok, Condongcatur, Sleman.

Ditambahkan Reno, selain UMKM yang dikelola dengan baik, pengelolaan Pertashop dan pasar Kolombo — sebuah pasar desa — saat ini juga menjadi salah satu sumber pendapatan asli desa Condongcatur.

Kepala PMD Kabupaten Bangka, Dalian Amri, mengatakan, terpilihnya Condongcatur sebagai tujuan studi tiru kali ini sangat tepat. “Karena memang terbukti Condongcatur mengukir banyak prestasi,” kata Dalian Amri.

Prestasi Pemerintah Kalurahan Condongcatur di antaranya masuk 6 besar nasional terkait penilaian administrasi desa. Selain itu sukses menjadi kampung KB dan kampung layak atau ramah anak.

Dalian Amri berharap, dengan adanya studi tiru terkait inkubasi UMKM di Pemkal Condongcatur ini dapat menjadi motivasi bagi penggerak UMKM di Kabupaten Bangka. “Meniru sekaligus dapat mengembangkan dari apa yang telah dilakukan Condongcatur,” kata Dalian Amri.

Sehingga dari pengalaman ini dapat lebih memberi ruang dan pelayanan maksimal bagi para pelaku UMKM di Kabupaten Bangka untuk mengembangkan dan memasarkan produknya dengan lebih luas serta lebih baik.

Pada kesempatan itu disampaikan pula pemaparan profil TP PKK Kalurahan Condongcatur oleh Dewi Nurlaila dan pemaparan program inkubasi UMKM oleh Ruang 412.

Sebanyak 18 Kelompok Wanita Tani (KWT) di Kalurahan Condongcatur juga turut unjuk keberhasilan di depan rombongan Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Bangka.

Setelah tukar-menukar cinderamata, rombongan TP PKK Kabupaten Bangka melihat buku administrasi TP PKK Condongcatur dan melihat potensi produk KWT serta Forkom UMKM Condongcatur. (Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here