Tingkatkan Kualitas Pendidikan di Bidang Hukum, FH UII Jogja dan FH Universitas Wiraraja Madura Jalin Kerjasama

0
12
Dekan Fakultas Hukum UII Yogyakarta dan Dekan Fakultas Hukum Universitas Wiraraja Madura saat tandatangani MoA kerjasama peningkatan kualitas pendidikan tinggi di bidang hukum, Senin (3/7/2023) di FH UII Yogyakarta - (Foto: dok.FH UII Yogyakarta)

KABAREWISATA.COM – Dekan FH UII, Prof. Dr. Budi Agus Riswandi, S.H., M.Hum dan Dr. Zainuri, S.H.,M.H. Dekan FH Universitas Wiraraja Madura melakukan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) dalam rangka sinergi dan kolaborasi peningkatan kualitas pendidikan tinggi di bidang hukum, dan peran sertanya dalam memajukan pengabdian masyarakat yang ada di wilayah Madura pada Senin 3 Juli 2023 bertempat di Fakultas Hukum UII, Jalan Kaliurang KM. 14, Besi, Sleman, DI.Yogyakarta.

Acara yang dihadiri oleh kedua sivitas akademika tersebut diawali dengan Praktik Kerja Lapangan dari pimpinan dan mahasiswa FH Universitas Wiraraja, Sumenep, Madura dan ditutup dengan pelaksanaan kuliah umum yang diampu oleh Prof. Dr. Budi Agus Riswandi, S.H., M.Hum dan Dr. Zainuri, S.H.,M.H. dengan tema Peran Hak Kekayaan Intelektual dalam Pengembangan Industri Kreatif di Indonesia.

“Implementasi dari kerjasama yang akan dijalin dengan FH Universitas Wiraraja, Sumenep, Madura adalah adanya sinergi dan kolaborasi dalam rangka meningkatkan kualitas Pendidikan tinggi di bidang hukum,” ujar Prof. Budi yang juga Ketua Umum Asosiasi Sentra Kekayaan Intelektual Indonesia (ASKII) dalam sambutannya, Senin (3/7/2023).

“Yang paling utama adalah bagaimana kerjasama ini dapat berperan dalam memajukan pengabdian masyarakat yang ada di wilayah Madura khususnya melalui pemanfaatan Hak Kekayaan Intelektual (HKI),” paparnya.

Prof Budi juga menambahkan, bahwa Hak Kekayaan Intelektual (HKI) tidak sekedar bukti pengakuan hukum, tetapi HKI sebagai bagian dari strategi yang lebih luas untuk menghasilkan keuntungan (mensejahterakan masyarakat).

“Implementasi HKI harus mencakup pada aspek kebijakan, manajemen, strategi dan tidak hanya pada aspek administrasinya saja,” tegasnya.

Sementara itu Zaenuri, Dekan Universitas Wiraraja Sumenep Madura menyampaikan bahwa soal HKI ini telah diatur di dalam konstitusi Indonesia, khususnya pada Pasal 28C ayat (1) UUD yang menyatakan: setiap orang berhak mengembangkan diri melalui pemenuhan kebutuhan dasarnya, berhak mendapat pendidikan dan memperoleh manfaat dari ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya, demi meningkatkan kualitas hidupnya dan demi kesejahteraan umat manusia.

“Oleh karena itu berdasarkan ketentuan ini, maka system HKI harusnya dapat dibangun untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan bangsa Indonesia,” jelasnya.

“Kunjungan dan kerjasama ini diharapkan dapat juga meningkatkan keilmuan dan pengetahuan dosen dan mahasiswa dalam bidang HKI utamanya dalam memanfaatkan HKI sebagai instrumen untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Madura dan semoga ke depannya, kami dapat bekerjasama dan berkunjung ke unit-unit yang ada di FH UII khususnya pusat studi HKI FH UII,” kata Zaenuri. (soe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here