Test IVA 2023 Sasaran WUS Warga Condongcatur

0
77

KABAREWISATA.COM – Pemerintah Kalurahan (Pemkal) Condongcatur — melalui Pokja IV TP PKK Kalurahan Condongcatur — melaksanakan pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual Asetat) secara gratis bagi masyarakat Condongcatur dengan sasaran WUS (Wanita Usia Subur) di Puskesmas Pembantu Depok 2, Senin (18/9/2023).

Ketua Pokja IV TP PKK Kalurahan Condongcatur, Tintrim Tri Pamungkas,  mengatakan, test IVA ini dilaksanakan pada 18-19 September 2023. “Sekaligus sosialisasi pemeriksaan payudara secara klinis yang dilakukan oleh tenaga kesehatan,” kata Tintrim.

Pelaksanaan pemeriksaan IVA berlangsung sukses, lancar, tanpa kendala. Semua peserta tes IVA hasilnya negatif. Peserta tes IVA sebelumnya telah mendaftar dan didata oleh kader-kader kesehatan di setiap padukuhan.

Jadwal tes IVA sesuai dengan padukuhan masing-masing. Pada 18 September 2023 diikuti ibu-ibu Padukuhan Tiyasan, Manukan, Pondok, Sanggrahan, Gempol, Dero, Ngringin, Ngropoh dan Dabag.

Untuk 19 September 2023 ibu-ibu dari Padukuhan Gejayan, Kaliwaru, Soropadan, Pringwulung, Kayen, Kentungan, Pikgondang, Gandok dan Joho.

Ketua TP PKK Kalurahan Condongcatur, Dewi Nurlaila, menjelaskan, tujuan pemeriksaan IVA ini untuk mendeteksi dini kanker serviks. “Dan diharapkan dapat menekan penderita kanker serviks, khususnya di wilayah Condongcatur,” ungkap Dewi Nurlaila.

Melalui test IVA dan sosialisai Sadarnis (pemeriksaan payudara secara klinis) diharapkan dapat memotivasi masyarakat untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin terhadap deteksi dini kanker serviks. “Sehingga diagnosa dini dapat dilakukan dan progresi kanker dapat diatasi,” papar Dewi.

Lurah Condongcatur, Reno Candra Sangaji, mengatakan, dengan diadakannya pemeriksaan test IVA dan sosialisasi Sadanis, kesehatan organ intim dan kesehatan payudara ibu-ibu di Kalurahan Condongcatur dapat terdeteksi dini. “Dan tetap terus terjaga kesehatannya,” kata Reno.

Tes IVA  (Inspeksi Visual Asam Asetat) adalah metode pemeriksaan leher rahim dengan menggunakan larutan asam asetat yang mengubah warna jaringan abnormal menjadi putih.

Tes ini dapat membantu dokter mendeteksi perubahan sel yang dapat menunjukkan adanya kanker serviks atau lesi prakanker, di mana tes IVA sering digunakan sebagai bagian dari skrining kanker serviks. (Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here