Terbentuk, Forum Komunikasi TKA-TPA Condongcatur

0
24

KABAREWISATA.COM – Pemerintah Kalurahan (Pemkal) Condongcatur, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman, membentuk Forum Komunikasi Taman Kanak-kanak Al-Qur’an (TKA) dan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Condongcatur.

Melalui SK Nomor 43/Kep.Lurah/2023 tentang Pembentukan Forum TKA-TPA Kalurahan Condongcatur, kepengurusan periode 2023-2026 disahkan Lurah Condongcatur, dan surat keputusan diserahkan Reno Candra Sangaji, SIP, MIP kepada Suyitno, M.Pd selaku ketua umum di Ruang Lurah Condongcatur pada 27 Maret 2023 lalu didampingi Kamituwa Condongcatur Al Thouvik Sofisalam.

Lurah Condongcatur, Reno Candra Sangaji, SIP, MIP, menyampaikan, untuk mewujudkan manusia yang beriman, bertakwa dan berakhlak mulia diperlukan pendidikan agama yang dapat diperoleh dari formal maupun nonformal.

“Dan TKA-TPA merupakan pendidikan nonformal yang penyelenggaraannya ditangani oleh masyarakat Islam di wilayah tersebut yang berada di masjid-masjid sebagai induk tempat kegiatannya,” kata Reno, Rabu (29/3/2023).

Lurah Condongcatur berharap, dengan adanya forum komunikasi ini dapat menjadi wahana silaturahmi dan saling mengenal pengurus TKA-TPA se-Condongcatur mengingat di wilayah Kalurahan Condongcatur ada 82 masjid yang tersebar di 18 padukuhan.

“Jadikan forum ini untuk koordinasi antarpengurus TKA-TPA dan dapat menyelenggarakan kegiatan bersama ataupun lomba antar TPA dan kegiatan lainnya,” kata Reno.

Ketua Umum Forum Komunikasi TKA-TPA Condongcatur, Suyitno, menyampaikan, setelah disahkanya kepengurusan ini akan menjalankan amanah untuk pengembangan dan kemajuan TKA-TPA di wilayah Condongcatur.

Menurutnya, program terdekat adalah koordinasi pengurus. “Ke depannya, forum ini akan dijadikan sebagai wadah silaturahmi, komunikasi, koordinasi dan media diskusi dalam pengembangan, pelatihan serta penyelenggaraan kegiatan bersama TPA di Kalurahan Condongcatur,” kata Suyitno.

Kamituwa Condongcatur, Al Thouvik Sofisalam, selaku penanggungjawab bidang berpesan agar dalam pelaksanaan kegiatan senantiasa berkoordinasi dengan takmir masjid, Badan Koordinasi (Badko) TKA-TPA Kapanewon Depok dan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Ranting Condongcatur.

“Agar bisa saling bersinergi dalam pembinaan untuk meningkatkan pengelolaan TKA-TPA di wilayah Condongcatur,” kata Kamituwa Condongcatur Al Thouvik Sofisalam. (Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here