Sleman Layak Jadi Pusat Industri Halal

0
38

KABAREWISATA.COM – Banyaknya Perguruan Tinggi berbasis riset, destinasi wisata religi, pabrikasi produk makanan halal dan kekuatan kesadaran beragama yang tinggi, Kabupaten Sleman sangat layak menjadi pusat industri halal Indonesia.

“Kabupaten Sleman mudah menjadi pusat industri halal,” kata Kustini Sri Purnomo, Bupati Sleman, ketika bertemu dengan calon pengurus Masyarakat Ekonomi Syari’ah Kabupaten Sleman di Rumah Dinas Bupati Sleman.

Menurut Kustini, banyak pihak harus bahu-membahu agar pusat industri halal dalam banyak bidang terwujud. “Dan Sleman bisa menjadi pusatnya kalau para cendekiawan muslim kompak dan bersedia membantu mewujudkan halal menjadi pilihan,’ kata Kustini.

Bagi Kustiini, halal itu adalah lifestyle untuk semuanya. “Bukan saja umat Islam,” tandasnya.

Jaminan produk halal, sehat, menyenangkan, aman dan memberi keberkahan. Halal tidak hanya ada pada produk makanan saja, tapi dalam banyak hal di antaranya kosmetik, sandang, wisata dan bahkan properti.

Mengenai properti syariah, secara khusus Edi Sunarto selaku Sekretaris Umum MES DIY menyampaikan wacana. “Dengan kolaborasi lembaga keuangan syariah, properti, perumahan, maka pemukiman syariah dapat diwujudkan dengan mudah di Sleman,” kaya Edi Sunarto, Selasa (30/5/2023).

Ditambahkan Edi, Kabupaten Sleman dengan cuaca yang sejuk sangat indah apabila dijadikan komplek perumahan syariah.

Sementara itu Drs Heroe Purwadi selaku Ketua MES DIY, mengatakan, dalam rangka pengembangan ekonomi syariah di DIY direncanakan akan ada pembentukan MES daerah seluruh kabupaten/kota se- DIY.

Inisiasi pembentukan MES Kabupaten Sleman merupakan bagian dari upaya mempercepat dan memperbesar industri halal. Hingga saat ini MES sudah ada di 22 negara dan 30 provinsi di Indonesia serta lebih dari 130 MES Kabupaten/Kota.

Dr Afiandi Okta Maulana sebagai Tim Inisiator MES Kabupaten Sleman mengatakan, pihaknya selalu menjalin silaturahim antara tokoh masyarakat Sleman yang terdiri dari para pengusaha, perbankan syariah, ulama, dewan masjid, Baznas dan ormas Islam.

Diharapkan, silaturahim ini akan memunculkan calon pengurus MES Kabupaten Sleman. “Kami siap mendukung Kabupaten Sleman sebagai pusat industri halal dan syariah untuk semua,” ungkap Afiandi. (Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here