Sehari Jelang Akad Nikah, Erina Gudono Jalani Prosesi Siraman

0
268

Selepas menjalankan prosesi sungkeman dan langkahan, Erina Gudono melakukan prosesi siraman. (Foto: Kris)

 

KABAREWISATA.COM – Sehari menjelang akad nikah, putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, dan Erina Gudono, menjalani prosesi siraman yang digelar di kediaman kedua calon mempelai.

Selepas menjalankan prosesi sungkeman dan langkahan, Erina Gudono melakukan prosesi siraman di kediamannya Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada Jum’at, 9 Desember 2022.

Prosesi siraman diawali dengan siraman pertama oleh sang ibu Sofiatun Gudono, dari ujung kepala hingga ujung kaki Erina.

Air siraman berasal dari tujuh sumber, yakni air Zamzam dari Masjidil Haram, kediaman calon pengantin wanita, kediaman calon pengantin pria, Keraton Yogyakarta, Keraton Surakarta, Mangkunegaran dan Pakualaman.

Erina juga tampak diluluri lima macam warna yang secara simbolis mengingatkan pada kewajiban Rukun Islam.

Selain sang ibu, tampak juga sejumlah tamu turut memberikan siraman sekaligus doa restu kepada Erina Gudono. Mereka adalah GKR Hemas, GKBRAy Atika Purnomowati, Siti Faridah Pratikno, Sutati Muhaimin, Zulaikha Surenggane, dan Nyai Hj. Fatimatuz Zahro.

Selesai dimandikan, Erina kemudian dikeringkan dan dikenakan singkep kain batik Yogyakarta bermotif grompol. Pengenaan kain batik bermotif grompol di pundak Erina diyakini memiliki tanggung jawab untuk mengumpulkan segala cinta dari kedua keluarga.

Grompol memiliki arti menyatu, rukun, sedangkan kain batik yang dikenakan saat menjalani upacara siraman bermotif nogosari.

Ibu Sofiatun Gudono kemudian memotong rambut Erina di tiga bagian, yakni rambut yang tumbuh di dahi, di ubun kepala, dan di tengkuk. Ketiganya memiliki makna yang berbeda.

Pemotongan rambut di dahi bermakna ikhlas, siap meninggalkan masa muda, masa lajang, jiwa kekanak-kanakan, menuju dewasa dan berumah tangga.

Memotong rambut di ubun kepala mengingatkan agar walaupun diberikan kelebihan, haruslah tetap rendah hati dan tidak sombong.

Sementara, rambut yang tumbuh di tengkuk mengingatkan agar berani untuk introspeksi diri.

Prosesi potong rambut tersebut mengakhiri rangkaian acara siraman. Setelah itu, Erina menuju kamar untuk dikeringkan dan berganti pakaian. (*/Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here