SD Negeri Banyuripan Gelar Kegiatan Literasi ‘Kakak Bercerita’

0
212

KABAREWISATA.COM – Suasana belajar serius tapi santai, terlihat di halaman SD Negeri Banyuripan, Kapanewon Kasihan, Kabupaten Bantul, pada 4 Nopember 2022.

Siswa kelas 5 dan 6 tampak asyik membacakan buku cerita untuk adik kelasnya. Sambil duduk melingkar dan dengan sangat percaya diri, mereka membacakan cerita melalui tiga tahap membaca, yakni pra, saat dan pascamembaca.

Ya, mereka sedang melakukan kegiatan “Kakak Bercerita”. Sebuah program literasi yang digagas SD Negeri Banyuripan untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa serta menciptakan keakraban antara kakak dan adik kelas.

Selain membacakan cerita, kakak kelas juga mengajak adik kelas untuk mendalami isi bacaan dengan mengajukan pertanyaan, bernyanyi dan melakukan aktivitas lainnya berdasarkan isi buku cerita.

Setelah itu, mereka mengajak membuat karya untuk mengikat makna cerita.

Sebelum terlaksana, kakak kelas merancang kegiatan ini dengan bantuan guru. Mereka mencari buku, berlatih membaca, membuat pertanyaaan pemantik dan menentukan karya apa yang akan mereka buat.

Ada yang kreatif membuat alat peraga buku pop up, wayang hewan dari kardus, katak dari kertas origami, pesawat dari kardus, dan lainnya.

Ini menjadi pengalaman seru bagi kakak kelas karena mereka berlatih mengatasi persoalan yang mereka dapat saat mengajar adik kelas.

“Ada siswa yang susah diatur, maunya pindah-pindah kelompok,” cerita Raffa siswi kelas 6.

Dista, siswi kelas 2, berpendapat, kegiatan ini menyenangkan. “Karena bisa mendapat cerita baru yang dibacakan kakak kelasnya dengan sabar,” ungkap Dista.

Isyani, guru yang mengembangkan kegiatan literasi di SD Negeri Banyuripan, mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk melatih siswa berkomunikasi lisan serta belajar mengatasi masalah.

Saat praktik di lapangan, kakak kelas akan menemukan kendala yang tidak terduga. “Nah, tugas mereka untuk mengatasi sesuai dengan kemampuan masing-masing,” tuturnya riang, Selasa (8/11/2022).

Dijelaskan Drs Sumar, Kepala SD Negeri Banyuripan, agenda Kakak Bercerita ini berjalan sejak awal tahun ajaran baru. Sekali sebulan setiap Jumat.

“Bergantian dengan kegiatan literasi lain yang jadi program sekolah,” paparnya memungkasi wawancara. (fan)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here