Rektor UAJY Lantik Wakil Rektor Periode 2023-2027

0
15

KABAREWISATA.COM – Rektor Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), Dr G Sri Nurhartanto, SH, LLM, melantik Wakil Rektor UAJY periode 2023-2027, Selasa (2/5/2023), di Auditorium Kampus II Gedung Thomas Aquinas, Babarsari, Yogyakarta.

Pada kesempatan itu hadir tamu undangan dan segenap organ Yayasan Slamet Rijadi Yogyakarta, Senat Akademik Universitas (SAU), Romo Moderator, dan segenap pejabat struktural di lingkungan UAJY.

Wakil Rektor yang dilantik adalah Sushardjanti Felasari, ST, M.Sc.CAED, Ph.D (Wakil Rektor I Bidang Akademik), Samiaji Sarosa, MIS, Ph.D (Wakil Rektor II Bidang Administrasi, Keuangan dan Sumber Daya Manusia) dan Ir Yosef Daryanto, ST, M.Sc, Ph.D, IPM, CSA (Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerja Sama).

Berdasarkan Surat Keputusan Pengurus Yayasan Slamet Rijadi Nomor 116, 117, dan 118/Kep-Peng/YSRY/2023 tentang Pengangkatan Wakil Rektor I, II, dan III Periode 2023-2027, maka Wakil Rektor baru akan berkarya mulai 1 Mei 2023 sampai dengan 30 April 2027.

Nurhartanto menyampaikan, pelantikan dan serah terima jabatan ini menandai estafet kepemimpinan secara terus-menerus di UAJY.

Menurutnya, banyak hal sudah ditorehkan oleh Rektorat sebelumnya, termasuk para Wakil Rektor. “Tentu, ini semua akan menjadi catatan bagi kepengurusan periode yang sekarang untuk terus melanjutkan dan meningkatkan prestasi kerja,” ungkap Nurhartanto.

Nurhartanto juga menyampaikan tantangan utama bagi perguruan tinggi yang membentang di depan adalah penurunan jumlah mahasiswa.

“Tentu ini menjadi tugas pertama kita Rektorat yang baru untuk memacu diri sedemikian rupa untuk meningkatkan sustainability di UAJY,” imbuh Nurhartanto.

Ketua Umum Pengurus Yayasan Slamet Rijadi Yogyakarta, Dr Ing Ir Andreas Triwiyono, berharap kepada Wakil Rektor baru UAJY untuk mampu mengemban tugas dengan baik. “Melanjutkan cita-cita menuju universitas yang lebih maju dan potensial serta berkontribusi pada masyarakat luas,” kata Andreas Triwiyono.

Pada kesempatan itu Ketua Umum Pengurus Yayasan Slamet Rijadi Yogyakarta, Dr Ing Ir Andreas Triwiyono, mengucapkan terima kasih kepada Sushardjanti Felasari, ST, M.Sc.CAED, Ph.D, Samiaji Sarosa, MIS, Ph.D dan Ir Yosef Daryanto, ST, M.Sc, Ph.D, IPM, CSA atas kesediaannya meneruskan estafet kepemimpinan UAJY.

Selain itu, Andreas memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Wakil Rektor Periode 2019-2023 yaitu Prof Dr Eng The Jin Ai, ST, MT dan Pupung Arifin, S.Sos, M.Si. “Atas peran yang sudah dijalankan selama ini sehingga UAJY bisa maju dan hasilnya bisa dirasakan bersama,” kata Andreas.

Sushardjanti Felasari, ST, M.Sc.CAED, Ph.D, Wakil Rektor I periode 2019-2023 dan periode 2023-2027, mengungkapkan, UAJY sudah menyiapkan platform metaverse yang menjadi pilihan bagi dosen dan mahasiswa untuk proses pembelajaran. “Di mana pembelajaran online dan hybrid tidak akan ditinggalkan,” kata Sushardjanti Felasari.

Harapannya, UAJY menjadi semakin besar dan berkualitas. Tidak hanya dari sisi akademik, namun juga dari sisi masyarakat.

Selain itu karya-karya UAJY mendapat pengakuan, baik di lingkungan akademik maupun masyarakat. “Melalui penelitian, pengajaran, pengabdian, baik yang dilakukan oleh dosen maupun mahasiswa dan menjawab permasalahan masyarakat,” tutur Felasari.

Pupung Arifin, S.Sos, M.Si, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerja Sama periode 2019-2023, berharap agar UAJY mampu membawa prestasi mahasiswa ke tingkat dunia. “Berkolaborasi dengan alumni dan bekerja sama dengan perguruan tinggi level dunia,” tutur Pupung.

Samiaji Sarosa, M.I.S., Ph.D, Wakil Rektor II periode 2023-2027, sangat menantikan untuk melihat SDM UAJY menjadi SDM yang unggul.

Menyusul pencanangan Laudato Si’ pada September 2022 lalu, yaitu rencana UAJY menuju kampus go green. “Salah satu yang perlu segera dikerjakan adalah sarana dan prasarana kampus yang menjadi semakin ramah lingkungan,” imbuh Samiaji. (Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here