Rehabilitasi dan Renovasi Stadion Maguwoharjo Sleman 

0
22

KABAREWISATA.COM – Sebagai tindak lanjut peningkatan kualitas Stadion Maguwoharjo, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menyaksikan penandatanganan kontrak paket pekerjaan rehabilitasi dan renovasi Stadion Maguwoharjo, Rabu (27/12/2023), di Ruang Rapat Balai Prasarana Permukiman Wilayah DIY.

Penandatanganan ini dilakukan antara PPK Prasarana Strategis II dan BPB Satuan Kerja Pelaksanaan Prasarana Permukiman Provinsi DIY.

Pemerintah Kabupaten Sleman menerima paket pekerjaan multi years dengan anggaran sebesar Rp 124 Miliar. Realisasi kontrak ini akan dilaksanakan untuk rehabilitas dan renovasi Stadion Maguwoharjo.

Pengerjaan ditargetkan berjalan selama 300 hari kalender terhitung mulai 27 Desember 2023 hingga 21 Oktober 2024. Penyedia jasa konsultan manajemen konstruksi PT Amsecon Berlian Sejahtera KSO PT Multi Citra Graha dan penyedia jasa kontraktor pelaksana adalah PT Karuniaguna Intisemesta.

Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Prasarana Permukiman Wilayah DIY, Noegraha Laksana, menerangkan, pasca tragedi kericuhan di Stadion Kanjuruhan pada Oktober 2022 lalu Presiden RI memberikan instruksi langsung kepada Kementerian PUPR agar melakukan evaluasi seluruh stadion untuk mengantisipasi kejadian serupa terjadi kembali.

Mudah-mudahan 10 bulan pelaksanaan kontrak ini bisa diselesaikan oleh kontraktor pelaksanaan dengan lancar. “Sehingga hasil yang didapat bisa sesuai dengan harapan kita,” jelas Noegraha.

Noegraha menambahkan, kriteria stadion-stadion yang mendapat evaluasi di antaranya adalah stadion yang menjadi lokasi pertandingan Liga 1 dan 2 Indonesia, baik yang digunakan sebagai lokasi pertandingan maupun tempat latihan. Kemudian, stadion yang memiliki risiko tinggi dan stadion memiliki kapasitas yang besar.

Bupati Sleman, Kustini, menyambut baik kerja sama dengan Kementerian PUPR yang telah mengalokasikan anggaran dan paket pekerjaan renovasi dan rehabilitasi Stadion Maguwoharjo.

Kustini menegaskan, Pemerintah Kabupaten Sleman serius mendukung program rehabilitasi dan renovasi Stadion Maguwoharjo.

Dengan adanya renovasi dan rehabilitasi ini, kata Kustini, semakin menguatkan komitmen Pemkab Sleman dalam mengembangkan olahraga di Kabupaten Sleman.

Harapannya, setelah direnovasi Stadion Maguwoharjo ini semakin baik, semakin megah dan menjadi kebanggaan Kabupaten Sleman. “Juga mendukung upaya pembangunan olahraga di Kabupaten Sleman dan sekitarnya,” ujar Kustini.

Bupati Sleman juga menyampaikan harapan, wajah baru stadion sebagai ikon Kabupaten Sleman ini juga dapat mendukung Stadion Maguwoharjo menjadi ajang laga tanding event olahraga nasional dan internasional. (Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here