Program Kali Bersih Sungai Buntung Kentungan Condongcatur 

0
27

KABAREWISATA.COM – Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman, melaksanakan kegiatan Program Kali Bersih (Prokasih) di Sungai Buntung/Bendo yang berada di wilayah Padukuhan Kentungan, berbatasan dengan Padukuhan Joho Condongcatur, Jum’at (8/3/2024).

Kegiatan Prokasih 2024 dilaksanakan di Sungai Buntung/Bendo yang membentang melalui wilayah Padukuhan Joho dan Kentungan. Kawasan sungai ini sudah sangat padat dengan permukiman dan berhadapan langsung dengan warga.

Kepala Jawatan Kemakmuran Kapanewon Depok, Isti Fajaroh, SP, MMA, selaku penanggungjawab bidang kegiatan, menjelaskan, setiap tahunnya Kapanewon Depok rutin melaksanakan Program Kali Bersih di sungai. “Lokasinya sangat penting dan urgen serta berada di wilayah  Condongcatur, Caturtunggal maupun Maguwoharjo,” kata Isti.

Harapannya, warga masyarakat yang berada di bantaran sungai peduli untuk menjaga, merawat dan melestarikan sungai dengan aksi Prokasih bersama relawan.

“Mengedukasi langsung masyakarat untuk melestarikan sungai dan peduli terhadap keberadaan sungai dengan tidak membuang sampah dan limbah di sungai,” ucap Isti.

Kegiatan diawali Februari 2024 dengan pembinaan masyarakat bantaran sungai Buntung/Bendo yang melibatkan kelompok masyarakat dan komunitas sungai, pemerintah (kalurahan dan kapanewon) serta masyarakat.

Kali ini pekerjaan berupa pembersihan sungai yang dibagi menjadi tiga area: sekitar jembatan Kolombo, area tengah (barat SD Kanisius Sengkan) dan sisi selatan.

Pembersihan area sungai dari sampah anorganik, pengumpulan sampah organik, pemangkasan dan pemotongan pohon di area sungai yang menganggu aliran sungai.

Panewu Depok, Wawan Widiantoro, SIP, MPA, menyampaikan, program kali bersih ini diharapkan menjadi momentum bagi warga masyarakat untuk menunjukkan kesadaran menjaga kelestarian, kebersihan dan keelokan sungai

Ke depan, masyarakat dapat hidup sehat tanpa banjir. Dan warga masyarakat yang berada di sekitar sungai tidak membuang sampah serta limbah ke sungai. “Terus menjaga kebersihan dan kelestariannya,” kata Wawan Widiantoro.

Panewu Depok berharap di bantaran sungai Buntung/Bendo agar dibentuk Forum Komunuitas Sungai untuk mewadahi kegiatan masyarakat dan mendapatkan legalitas serta fasilitas dari DLH Kabupaten Sleman.

Lurah Condongcatur, Reno Candra Sangaji, SIP, MIP, mengatakan, masyarakat Babadan Baru Padukuhan Kentungan, Padukuhan Joho, Relawan KSB, Destana Condongcatur peduli dengan ikut kegiatan Prokasih.

“Program kali bersih untuk memberi perlindungan dan pencegahan perusakan lingkungan di sekitar bantaran sungai atau kali,” kata Reno.

Perusakan lingkungan di sungai diakibatkan oleh pencemaran berupa pembuangan limbah cair dan sampah yang dilakukan masyarakat. Selain itu juga kegiatan industri atau usaha. (Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here