Prodi Biologi UAJY Raih Akreditasi Unggul

0
20

KABAREWISATA.COM – Program Studi S1 Biologi Fakultas Teknobiologi (FTB) Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) berhasil meraih akreditasi unggul. Penghargaan ini diberikan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Sains Alam dan Ilmu Formal (LAMSAMA).

Dr Dra Exsyupransia Mursyanti, M.Si selaku Dekan FTB mengungkapkan, Prodi Biologi tidak memerlukan waktu lama untuk mengantongi penghargaan akreditasi unggul.

Proses diawali dengan mengunggah data ke LAMSAMA pada 29 September 2022, kemudian dilanjutkan dengan proses verifikasi dan validasi. Setelah itu, dari pihak LAMSAMA melakukan visitasi di bulan November 2022 hingga akhirnya pada 16 Desember 2022 Prodi Biologi UAJY mendapatkan akreditasi unggul.

Prodi Biologi berhasil memenuhi 9 kriteria tentang komitmen perguruan tinggi terhadap pengembangan kapasitas institusional (institutional capacity), peningkatan efektivitas program pendidikan (educational effectiveness), serta implementasi dan evaluasi.

Adapun kriteria akreditasi Perguruan Tinggi adalah Visi, Misi, Tujuan dan Strategi (VMTS), Tata Pamong, Tata Kelola dan Kerja Sama, Mahasiswa, Sumber Daya Manusia, Keuangan, Sarana dan Prasarana, Pendidikan, Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, Luaran dan Capaian Tridarma.

“Mahasiswa, alumni, mitra kerja sama, pengguna maupun orang tua bisa kami hadirkan. Mereka memberikan testimoni yang menyentuh sekali dan baik semua. Terutama mitra kerja sama. Kami menerapkan sistem hybrid, mereka mengungkapkan kesenangannya bekerja sama dengan FTB dan berharap untuk ditingkatkan sehingga ini bisa menjadi nilai plus bagi kami,” jelas Mursyanti, Jum’at (23/12/2022).

Ke depannya, Prodi Biologi akan tetap terus berusaha untuk berkembang dan mengevaluasi diri dengan menggunakan analisis Strength, Weakness, Opportunities, dan Threats (SWOT).

Strategi ke depannya, dalam waktu dekat akan dibangun gedung enam lantai di bagian barat Gedung Student Center UAJY. Di lantai 1 ada laboratorium Fakultas Teknik (FT), lantai 2 laboratorium FT dan FTB, dan di lantai 3, 4, 5, 6 adalah bagian FTB.

Kemudian, rencana strategis akan berakhir di Agustus 2023 dan prodi serta universitas akan menyiapkan rencana yang baru.

Selain akan membangun gedung, prodi dan universitas akan menyiapkan prodi baru, yakni Program Studi Teknologi Pangan.

Prodi Teknologi Pangan sudah diajukan ke PD-Dikti. “Dan sekarang pada tahap evaluasi,” jelas Mursyanti, yang menambahkan Prodi dan universitas juga akan mempersiapkan tim-tim visitasi dan tata kelola.

LAMSAMA menganugerahi akreditasi unggul hanya sampai periode 5 tahun. Dan setiap tahunnya ada tahapan evaluasi mengenai perkembangan yang dimonitori langsung.

Harapannya, Prodi Biologi dapat mengembangkan kualitas agar sesuai dengan luaran Tri Darma Perguruan Tinggi. Kemudian prestasi mahasiswa dapat meningkat dalam hal akademik dan non-akademik baik dalam negeri maupun di luar negeri. (Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here