PP Muhammadiyah Kerjasama dengan Bank BCA Syariah

0
7
Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan Bank BCA Syariah, tandatangani Nota Kesepahaman (MoU) Layanan Perbankan Syariah. (Foto: Istimewa)

KABAREWISATA.COM – Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan Bank BCA Syariah, tandatangani Nota Kesepahaman (MoU) Layanan Perbankan Syariah — khususnya penyediaan produk dan jasa perbankan BCA Syariah — di Kantor PP Muhammadiyah Yogyakarta, Jl Cik Ditiro No. 23, Yogyakarta, pada 2 Juli 2024.

Penandatanganan MoU dilakukan Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir dan Presiden Direktur BCA Syariah Yuli Melati Suryaningrum, disaksikan Direktur BCA Antonius Widodo Mulyono dan Ketua PP Muhammadiyah Agung Danarto.

Prosesi penandatanganan MoU ini dihadiri perwakilan dari Badan Usaha Milik Muhammadiyah (BUMM), Amal Usaha Muhammadiyah (AUM), Persyarikatan/Unsur Pembantu Pimpinan (UPP) dan Organisasi Otonom (Ortom).

Penandatanganan nota kesepahaman antara PP Muhammadiyah dan BCA Syariah itu bertujuan untuk pengenalan dan pemanfaatan produk serta jasa perbankan dari BCA Syariah kepada seluruh ekosistem Muhammadiyah.

Pimpinan Pusat Muhammadiyah akan selalu membuka pintu bagi siapapun yang ingin bekerjasama dalam kebaikan dan tolong menolong. Hal ini dapat menjadi medium dakwah untuk menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam yang sebenar-benarnya.

Selain itu, Muhammadiyah juga senantiasa open the door tapi juga open market sehingga prinsipnya adalah mengembangkan partnership yang mutualistis.

Tentu saja, semuanya dalam nilai-nilai yang berdasarkan prinsip ta’awun yang diajarkan dalam Al-Qur’an.

Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir, mendorong dunia perbankan untuk implementasikan tujuan sesuai amanat konstitusi, yaitu meningkatkan kesejahteraan rakyat banyak.

Terkait kerja sama yang dibangun antara PP Muhammadiyah dengan BCA Syariah, Haedar menuturkan bahwa kerja sama ini sudah dijalani sejak lama. “Kerja sama ini diharapkan dapat membantu perbankan untuk melaksanakan tujuan sesuai dengan konstitusi,” kata Haedar.

Dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat, kata Haedar, Muhammadiyah dengan gerak sosial, pendidikan, kesehatan, ekonomi, pemberdayaan masyarakat dan dakwah itu tujuannya untuk menjadikan masyarakat yang terbaik.

Kata Haedar, Muhammadiyah membuka diri dengan pihak manapun untuk bekerja sama dalam meningkatkan kesejahteraan dan menjadikan rakyat maju. “Termasuk kerja sama dengan berbagai bank syariah dengan prinsip menjaga amanah,” kata Haedar.

Diharapkan, hal itu bisa meningkatkan produktivitas masyarakat. Lebih khusus, Haedar juga menyoroti keberpihakan perbankan terhadap UMKM. “Sebab di lini ekonomi ini rakyat mayoritas menumpukan hidup dan Muhammadiyah memiliki keberpihakan nyata terhadap kelompok UMKM,” kata Haedar.

Dan itu, menurut Haedar, tidak bisa dilakukan sepihak melainkan dibutuhkan kerja sama dengan swasta maupun pemerintah.

“Muhammadiyah ingin kita semakin menunjukkan, membuktikan, mampu mengelola bangsa ini dan rakyat dengan good governance, dengan prinsip-prinsip profesional, moralitas elit dan warga bangsa agar Indonesia bisa dibangun dengan pengkhidmatan,” imbuhnya.

BCA Syariah memberikan ragam solusi perbankan syariah untuk kebutuhan pendanaan dan pembiayaan dengan ragam akad yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan nasabah.

Layanan BCA Syariah didukung oleh 76 kantor cabang yang tersebar di pulau Jawa, Sumatera dan Sulawesi. Sebagai bentuk sinergi dengan induk usaha, BCA Syariah turut menyediakan Layanan Syariah Bank Umum (LSBU) di 100 cabang BCA di beberapa kota di Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Timur, untuk memberikan layanan penerimaan setoran biaya ibadah haji.

Kemudahan dan keamanan transaksi menjadi prioritas BCA Syariah dalam memberikan layanan. Dalam penyediaan layanan digital, BCA Syariah didukung oleh lebih dari 19.000 ATM BCA dan ratusan ribu EDC BCA yang tersebar luas di wilayah strategis seluruh Indonesia.

Nasabah dapat memanfaatkan berbagai layanan seperti transfer antara BCA dan BCA Syariah, transaksi tarik tunai tanpa kartu, setor tunai, top up Flazz di ATM BCA, semuanya bebas biaya.

Selain ATM dan EDC yang tersebar luas, kemudahan transaksi juga dapat melalui layanan mobile dan internet banking yang dapat digunakan oleh nasabah bisnis dan perorangan.

Mobile banking BCA Syariah Mobile menyediakan berbagai fitur seperti pembukaan rekening online, transfer antarbank melalui BI Fast atau online, pembayaran QRIS, pembelian serta pembayaran tagihan, transfer zakat.

BCA Syariah senantiasa memastikan infrastruktur teknologi di BCA Syariah telah memenuhi standar dan praktik terbaik di industri untuk menjamin keamanan dan kenyamanan nasabah saat mengakses platform perbankan elektronik bank. (Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here