Polda DIY Seleksi Pendidikan Sekolah Inspektur Polisi

0
80

KABAREWISATA.COM – Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda DIY memulai rangkaian seleksi pendidikan Sekolah Inspektur Polisi (SIP) angkatan ke-52 T.A. 2023 Panda Polda DIY yang digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (18/1/2023).

Seleksi diawali dengan pengisian data diri untuk pelaksanaan tes fisik. Selanjutnya, para peserta melaksanakan pemeriksaan kesehatan: pengecekan darah dan urin, cek tensi nadi, tes mata, cek gigi dan mulut, pemeriksaan THT serta pengecekan tinggi dan berat badan.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kabag Dalpers Biro SDM Polda DIY AKBP Bowo Gede Imantio, SIK, MH.

Sebelumnya, Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda DIY telah melaksanakan pengambilan sumpah dan penandatanganan Pakta Integritas.

Seleksi pendidikan Sekolah Inspektur Polisi (SIP) dimulai dengan pemeriksaan kesehatan diikuti 174 orang peserta, 8 di antaranya Polwan.

Sebelum dimulai proses pemeriksaan kesehatan, Kabid Dokkes Polda DIY, Kombes Pol drg Agustini Purwaningsih, Sp.Perio, MM, berpesan kepada seluruh peserta bahwa tes kesehatan ini merupakan rangkaian dari proses seleksi SIP.

“Dilakukan secara transparan dan hasilnya akan langsung diserahkan kepada peserta untuk jadi bahan evaluasi apabila terdapat kelainan,” kata Kombes Pol drg Agustini Purwaningsih, Sp.Perio, MM.

Menurut Kabid Dokkes Polda DIY, pemeriksaan kesehatan ini adalah suatu ujian kesehatan daripada rekan-rekan. “Namun, kesehatan itu bukan sepenuhnya tanggungjawab Dokkes, apabila pada prosesnya ada kelainan yang memang terpaksa kami tidak luluskan karena tidak memenuhi syarat,” tutur Kombes Pol drg Agustini Purwaningsih, Sp.Perio, MM.

Lebih lanjut dikatakan Kombes Pol drg Agustini Purwaningsih, Sp.Perio, MM, tujuannya juga untuk peserta sendiri. “Dan itu merupakan bentuk evaluasi untuk mengikuti tes selanjutnya supaya bisa mempersiapkan diri lebih baik,” tandasnya. (*/Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here