Pertika Pariwisata Perkenalkan Eksistensi Pariwisata DIY

0
40

KABAREWISATA.COM – Perkemahan Bakti Saka (PERTIKA) Pariwisata #3 akan digelar pada 19-22 Februari 2024 di Bumi Perkemahan Jaka Garong, Desa Wisata Garongan Wonokerto, Kapanewon Turi, Kabupaten Sleman.

Pertika Pariwisata pada tahun ini mengambil tema “Back to Tourism Village” dengan jargon milenial, berbudaya, sadar wisata.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Ishadi Zayid, SH, saat koordinasi persiapan kegiatan di Ruang Sapta Pesona 1 Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Jl. KRT Pringgodiningrat No.13 Tridadi, Sleman, Rabu (7/2/2024), mengatakan, perkemahan Bakti Saka Pariwisata merupakan sebuah kegiatan perkemahan sebagai bentuk promosi dan sarana memperkenalkan eksistensi pariwisata DIY. “Khususnya Kabupaten Sleman,” tandasnya.

Pada tahun ini penyelenggaraan yang ketiga setelah yang pertama kalinya tahun 2018 di Desa Wisata Kampung Pramuka Sangurejo Wonokerto Turi dan tahun 2019 di Desa Wisata Kampung Pramuka Bromonilan Purwomartani Kalasan.

Sempat vakum penyelenggaraannya pada tahun 2020, 2021 dan 2022 akibat pengaruh pandemi Covid-19.

Pertika Pariwisata #3 kali ini diikuti 300 orang peserta, di antaranya 108 orang peserta dari luar Sleman: Trenggalek, Solo, Semarang, Magelang, Purwokerto dan Gunungkidul. Sedangkan 192 orang peserta dari 21 SMA/sederajat di wilayah Kabupaten Sleman.

Pertika Pariwisata #3 ini dikelola oleh 54 personil Saka Pariwisata Kabupaten Sleman dan didukung jajaran Saka Bhayangkara Kabupaten Sleman, PMI, Puskesmas, Polsek Turi dan Koramil Turi.

Ishadi sangat mengapresiasi keberadaan Saka Pariwisata Kabupaten Sleman yang secara nyata telah berkontribusi terhadap pembangunan kepariwisataan di Kabupaten Sleman.

“Di antaranya telah menjadi mitra bagi pemerintah daerah dalam upaya mensinergikan upaya pemberdayaan sumber daya manusia pariwisata melalui  tiga krida yang diembannya, yaitu sebagai agen pengembangan pemandu wisata, penyuluh wisata dan kuliner wisata,” kata Ishadi.

Dinamika kegiatan yang begitu kompleks yang dilakukan Saka Pariwisata Kabupaten Sleman diharapkan dapat menjadi motivator bagi satuan karya Pramuka yang lain serta mampu menjadi role model generasi muda yang memiliki jiwa kepanduan yang kuat, semangat dan tanggungjawab dalam mengemban tugas.

Ketua Dewan Saka Pariwisata Periode 2022-2024, Erwin Rizki Nur Rofiq, menjelaskan, Pertika Pariwisata #3 terdapat 6 jenis kegiatan.

Kegiatan upacara meliputi upacara pembukaan, upacara api unggun dan upacara penutupan. Kegiatan persaudaraan berupa bangun desa, dinamika kelompok, olahraga, ibadah keagamaan, kenduri dan rubuh desa.

Kegiatan prestasi adalah giat prestasi pentas seni, lomba karawitan tingkat SMP dan SMA se-Kabupaten Sleman, culture carnival, vlog contest dan photo contest.

Kegiatan materi berupa materi pendalaman krida: krida pemandu wisata, krida penyuluh wisata, krida kuliner wisata. Materi kebudayaan adalah busana adat gagrak Yogyakarta, wayang suket, batik tulis, pembuatan jumputan, kerajinan penjor dan kreasi peningset.

Kegiatan bakti adalah pembuatan photo booth PERTIKA #3, pembuatan gapura kebun salak, pembuatan kreasi tong sampah, pembuatan mural pendopo.

Untuk kegiatan wisata di Desa Wisata Gamplong, studio alam Gamplong, destinasi wisata Watu Jagal, Desa Wisata Nganggring, Museum Anak Bajang, agrowisata Bumi Merapi, Desa Wisata Bromonilan, Museum Dirgantara, destinasi Wisata Tebing Breksi. (Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here