Pererat Silaturahmi, JBM Kota Yogyakarta Gelar Dolan Bareng

0
53
Foto bersama pendamping JBM se Kota Yogyakarta saat Dolan Bareng di The Lawu Park, Tawangmangu, Jateng - (Foto: K.Herman S)

KABAREWISATA.COM – Pendamping Jam Belajar Masyarakat (JBM) Kota Yogyakarta pada hari Sabtu (9/9/2023) melaksanakan Dolan Bareng Tahun 2023 di The Lawu Park, Tawangmangu, Jawa Tengah.

Koordinator JBM Kota Yogyakarta, Cahyana menyampaikan, dolan bareng dalam rangka penguatan kelembagaan JBM dari 14 kemantren 45 kelurahan.

“Menjalin keakraban dan silahturahmi antar pendamping untuk sharing antar penggiat literasi dalam membuat kegiatan, selain itu kegiatan seperti ini menambah wawasan dan informasi baru. Kegiatan ini dilakukan secara swadaya dan mandiri,” ujarnya.

Sementara, Pendamping JBM Kemantren Mantrijrron, Munir menyampaikan, perlu dilakukannya penguatan kapasitas pendamping kota di 14 kemantren 45 kelurahan terkait pembuatan program agenda agar di 14 kemantren 45 kelurahan kiprah JBM bisa lebih membumi.

“Meskipun saat ini hampir semua data pendidikan terkait usia anak sekolah putus sekolah, Taman Bacaan Masyarakat (TBM), sebagai basis data penilaian kinerja kemantren,” katanya.

Kapasitas pendamping butuh support anggaran lebih dari perencana di kota untuk memaksimalkan kinerja pendamping lebih dari yang ada sekarang, minimal bisa disamakan dengan pengelola Kampung Baca.

Mengingat pentingnya kinerja pendamping JBM perlunya Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga meningkatkan pengganggaran pendamping JBM se Kota Jogja. (khs)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here