Pemkab Sleman Serahkan Hibah Gamelan dan Alat Musik

0
18
Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo. (Foto: Humas Pemkab Sleman)

KABAREWISATA.COM – Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman pada 14 Desember 2023 malam menyerahkan hibah gamelan dan alat musik kepada 50 kelompok masyarakat budaya se-Kabupaten Sleman.

Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, di Omah Petroek, Kalurahan Hargobinangun, Kapanewon Pakem, Kabupaten Sleman.

Kustini mengucapkan selamat kepada penerima hibah sekaligus mengapresiasi Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman yang telah menjalankan program tersebut.

“Diharapkan, hibah ini dapat memotivasi masyarakat untuk terus semangat dalam melestarikan kesenian dan kebudayaan di daerahnya masing-masing,” kata Kustini.

Menurut Kustini, kita harus bersyukur dengan keistimewaan yang ada di DIY, khususnya di Sleman. “Kalau bukan kita, siapa lagi yang akan nguri-nguri budaya kita,” ucapnya.

Pemkab Sleman berkomitmen untuk mendorong kegiatan kebudayaan berbasis kalurahan. Di Kabupaten Sleman ada 13 kalurahan yang telah ditetapkan sebagai Desa Budaya oleh Gubernur DIY dan 5 kalurahan ditetapkan sebagai Desa Mandiri Budaya.

Kali ini ada 50 kelompok masyarakat kebudayaan yang menerima hibah, di antaranya gamelan 20 kelompok, alat musik kubro 4 kelompok, alat musik bregodo 8 kelompok, alat musik hadroh 8 kelompok dan alat musik jathilan 10 kelompok.

Dengan adanya hibah gamelan dan alat musik ini dapat meningkatkan minat dan bakat masyarakat untuk mengeksplorasi serta mengembangkan seni dan budaya Yogyakarta yang ada di Kabupaten Sleman. (Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here