Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pasar Ikan Mina Bangunkerto

0
22

KABAREWISATA.COM – Pasar Ikan Mina Bangunkerto di Kawasan Argowisata Kalurahan Bangunkerto, Kapanewon Turi, Kabupaten Sleman, diresmikan Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, Minggu (4/12/2022).

Peresmian ditandai dengan pemotongan pita oleh Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, bersama Paniradya Pati Keistimewaan DIY Aris Eko Nugroho.

Lurah Bangunkerto, Anas Maruf, menyampaikan, pembangunan Pasar Tani ini merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dibiayai Dana Keistimewaan DIY.

Melalui Dana Keistimewaan, Kalurahan Bangunkerto melaksanakan beberapa kegiatan yang bersifat pemberdayaan masyarakat. Salah satunya difokuskan dalam peningkatan UMKM dan pariwisata. “Dengan menggandeng mitra kerja dalam hal ini Dinas Koperasi DIY,” kata Anas Maruf.

Paniradya Pati Keistimewaan DIY, Aris Eko Nugroho, menjelaskan, tahun 2022 merupakan tahun kedua Dana Keistimewaan disalurkan kepada kalurahan.

Dana Keistimewaan yang saat didapatkan kalurahan diharapkan dapat difokuskan dalam program atau kegiatan tertentu. “Sehingga bisa lebih optimal dalam realisasinya,” ungkap Aris Eko Nugroho.

Bupati Sleman menyebutkan program inovasi Pasar Turi tersebut dapat menjadi fasilitas penunjang bagi para petani ikan dalam memasarkan hasil produksinya dengan harga yang bersaing.

Adanya pasar ikan ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan sumber protein hewani yang segar dan berkualitas.

“Pemenuhan kebutuhan pangan bergizi termasuk di antaranya ikan, menjadi sebuah keharusan dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia,” kata Kustini.

Usai peresmian, Bupati Sleman beserta rombongan meninjau langsung lokasi budidaya ikan dan pelepasan ratusan bibit ikan di di wilayah Argowisata Kalurahan Bangunkerto, Kapanewon Turi, Kabupaten Sleman. (Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here