Pembekalan Mahasiswa Baru Universitas Janabadra

0
10

KABAREWISATA.COM – Komandan Korem 072/Pamungkas, Brigjen TNI Joko Purnomo, memberikan pembekalan kepada 250 orang mahasiswa baru Universitas Janabadra.

Acara bertajuk “Pencerahan dan Orientasi Mahasiswa Kampus Kebangsaan Keluarga Besar Mahasiswa Universitas Janabadra” dilaksanakan di Auditorium KPH Poerwokoesoemo Universitas Janabadra Jl Tentara Rakyat Mataram, Kelurahan Bumijo, Kemantren Jetis, Kota Yogyakarta, Rabu (6/9/2023).

Maksud dan tujuan kegiatan tersebut untuk memberikan gambaran wawasan kebangsaan dan bela negara dalam meningkatkan rasa cinta tanah air serta mensosialisasikan pemahaman wawasan kebangsaan dan bela negara dalam meningkatkan rasa cinta tanah air agar bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Komandan Korem 072/Pamungkas, Brigjen TNI Joko Purnomo, menyampaikan, wawasan kebangsaan adalah cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya. “Dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan guna mencapai tujuan nasional,” kata Brigjen TNI Joko Purnomo.

Menurutnya, komponen masyarakat termasuk mahasiswa harus instrospeksi diri, bersatu, bahu membahu membawa bangsa ini keluar dari permasalahan.

“Tiap warga negara mempunyai hak dan kewajiban dalam pelaksanaan bela negara, yaitu ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara,” kata Brigjen TNI Joko Purnomo.

Sesuai dengan UUD 1945 pasal 30 ayat 1, tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.

Danrem 072/Pamungkas mengingatkan adanya bahaya multidimensi yang mengancam bangsa Indonesia, yaitu bahaya ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya dan agama.

“Untuk itu, mahasiswa harus paham dengan keadaan bangsa Indonesia sehingga dapat memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara,” kata Danrem 072/Pamungkas.

Bagi Danrem 072/Pamungkas, nilai-nilai dasar kesadaran bela negara yang dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari oleh masyarakat Indonesia ada 5 macam, meliputi cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara, memiliki kemampuan awal bela negara. (Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here