Pantarlih Condongcatur Dapat Menyelesaikan Ketugasan

0
45

KABAREWISATA.COM – Jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilu 2024 di Kalurahan Condongcatur, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman, terbanyak kedua se-Kabupaten Sleman, bahkan se-DIY.

Di Kalurahan Condongcatur ada 133 orang Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) yang bertugas melakukan pencocokan dan pemutakhiran data pemilih di 133 TPS yang tersebar di 18 padukuhan, 64 RW dan 211 RT.

Pantarlih yang bertugas di lingkungan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Condongcatur pada 12 Februari 2023 hingga 11 April 2023 dapat menyelesaikan ketugasan dan tanggungjawabnya sesuai waktu yang ditentukan, baik secara manual maupun melalui aplikasi E-Coklit serta pembuatan Laporan Kerja (LK).

Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) merupakan ujung tombak Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam melakukan pemutakhiran dan pendaftaran pemilih.

Pantarlih dalam melakukan proses pemutakhiran dan pendaftaran pemilih mengemban tugas yang sangat penting, yaitu melayani hak konstitusional warga negara dalam menggunakan hak pilih

Ketua PPS Condongcatur, Wuri Handayani, mengatakan, setiap Pantarlih mendapat honor sebesar Rp 1 juta setiap bulan. Untuk ketugasan selama 2 bulan mendapatkan Rp 2 juta.

Dalam pengambilan honorarium itu, PPS melakukan cek ulang terkait alamat potensi TPS berdasarkan data yang dilaporkan melalui aplikasi E-Coklit masing-masing Pantarlih.

Candra Triana dari TPS 64 Padukuhan Dabag merasa lega setelah menyelesaikan tugas di bulan pertama. “Dalam menjalankan tugas berjalan baik dan lancar tiada kendala,” kata Candra Triana, Rabu (29/3/2023), yang selalu mendorong masyarakat untuk sukseskan Pemilu 2024.

Kebanyakan, menjadi Pantarlih merasa sangat senang dan membuat hubungan sosial dengan warga masyarakat semakin akrab dan harmonis. (Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here