Pameran Temporer Lenggahing Harjuno: Sultan, Takhta dan Kedaulatan

0
20

KABAREWISATA.COM – Pameran Temporer Lenggahing Harjuno dengan tema “Sultan, Takhta dan Kedaulatan” berlangsung di Kagungan Dalem Bangsal Pagelaran Yogyakarta, Sabtu (21/10/2023).

Kegiatan yang merupakan perayaan 80 tahun usia Sri Sultan Hamengku Buwono X turut dihadiri Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Joko Purnomo didampingi Ketua Persit KCK Koorcab Rem 072 PD IV/Diponegoro Ny. Ika Joko Purnomo.

Dalam pembukaan pameran Temporer Lenggahing Harjuno menyajikan tiga karya seni ciptaan Sri Sultan Hamengku Buwono X, yaitu Wayang Wong lakon Gana Kalajaya, Beksan Ajisaka dan Bedhaya Mintaraga.

Selain itu, dalam pameran ini menampilkan jejak sejarah Sultan Hamengku Buwono X sejak menjadi sosok pangeran muda hingga berbagai capaian dan paradigma kebudayaan yang dicanangkan saat menjadi Sultan dan Gubernur DIY.

Sri Sultan Hamengku Buwono X mengungkapkan, angka delapan dalam momentum 80 tahun ini menjadi refleksi dari amanat leluhur untuk tetap teguh memegang prinsip hamangku, hamengku, hamengkoni. 

Prinsip ini yang menjadi dasar dalam meneguhkan tahta untuk rakyat serta tahta bagi kesejahteraan kehidupan sosial dan budaya rakyat. “Semoga dengan terselenggaranya kegiatan ini menjadi gambaran perjalanan dalam memegang prinsip hamangku, hamengku, hamengkoni,” ungkap Sri Sultan HB X.

Sri Sultan HB X berharap, perayaan 80 tahun ini dapat diartikan sebagai tombak dari segala perubahan. “Agar senantiasa bersama masyarakat untuk berefleksi dan memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara,” paparnya.

Sri Sultan Hamengku Buwono X berharap untuk bersama-sama terus berefleksi, berkontemplasi demi kemajuan bumi pertiwi.

Pameran bertajuk “Lenggahing Harjuno” ini, diharapkan Sri Sultan HB X, dapat menggugah untuk terus berjuang dengan memberikan yang terbaik di setiap hal. (Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here