Obyek Wisata Alam di Taman Nasional Gunung Merapi Tutup Sementara

0
35
Obyek Wisata Alam di Taman Nasional Gunung Merapi Tutup Sementara (ist)

KABAREWISATA.COM – Balai Taman Nasional Gunung Merapi menutup sementara Obyek Wisata Alam yang berada di wilayah Taman Nasional Gunung Merapi, mulai hari ini Minggu, 12 Maret 2023.

Obyek Wisata Alam di wilayah Taman Nasional Gunung Merapi yang ditutup sementara adalah Obyek Wisata Alam Jurang Jero, Obyek Wisata Alam Tlogo Muncar, dan Obyek Wisata Alam Kalikuning-Pluyon.

Penutupan Obyek Wisata Alam di wilayah Taman Nasional Gunung Merapi tersebut, secara resmi ditandatangani oleh Kepala Badan Taman Nasional Gunung Merapi, Muhammad Wahyudi, dalam surat pengumuman bernomor PG.04/BTNGM/TU/Ren/03/2023, tertanggal 12 Maret 2023.

“Sehubungan dengan terjadinya erupsi Merapi yang disertai luncuran awan panas yang terjadi pada tanggal 11 Maret 2023 serta masih terjadinya luncuran awan panas susulan, dengan ini kami sampaikan hal-hal sebagai berikut,” begitu bunyi pembukaan surat pengumuman tersebut.

1. Bahwa Obyek Wisata Alam di Taman Nasional Gunung Merapi yang saat ini aktif adalah Obyek Wisata Alam Jurang Jero; Obyek Wisata Alam Tlogo Muncar; dan Obyek Wisata Alam Kalikuning-Pluyon.

2. Berdasarkan siaran pers dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) nomor B-85/GL.03/BGV.KG2/2023 tanggal 11 Maret 2023 perihal aktivitas Gunung Merapi Terkini 11 Maret 2023; bahwa dengan adanya erupsi Gunung Merapi pada tanggal 11 Maret 2023 telah disampaikan bahwa status Gunung Merapi masih berada pada tingkat Siaga (level III) dengan potensi bahaya pada beberapa alur sungai mencapai 5 sampai dengan 7 kilometer

3. Sebagai upaya mitigasi dalam menghadapi ancaman bahaya erupsi Gunung Merapi tersebut, maka kami sampaikan aktifitas Obyek Wisata Alam Jurang Jero; Obyek Wisata Alam Tlogo Muncar; dan Obyek Wisata Alam Kalikuning-Plunyon, ditutup sementara terhitung mulai 12 Maret 2023. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here