Nasi Tumpang Lethok Klaten Jadi Primadona Wisatawan

0
75

KABAREWISATA.COM – Klaten menjadi tempat yang cocok jika kita ingin berwisata sekaligus mencicipi kuliner-kulinernya yang enak. Ketika kita sedang bepergian atau berwisata ke Klaten, wisata kuliner adalah sesuatu hal yang wajib.

Kita harus mencoba salah satu dari sekian banyak kuliner khas daerah Klaten. Nasi tumpang lethok “Mbak Riyanti” Jl Mayor Kusmanto, Kelurahan Semangkak, Kecamatan Klaten Tengah, Kabupaten Klaten, bisa kita coba untuk cicipi. Di warung ini kita akan menemui berbagai jenis nasi tumpang lethok dengan harga sangat terjangkau: Rp 8.000,- sampai Rp 24.000,-.

Nasi tumpang lethok ini berupa nasi putih, sayur, telur rebus, yang disiram dengan kuah sambal tumpang (sambal lethok) dari campuran tempe, cabai, santan dan bumbu rempah.

Selain itu, ada kurapan gudangan daun kates (pepaya), bayam, nangka muda dan daun jeruk. Juga ada menu lainnya yang berkuah, yang membuat sajian ini terasa sedap.

Racikan bumbu warisan nenek moyang masyarakat Klaten sungguh sangat lezat. Untuk membuat sambal lethok, dijelaskan Riyanti (47), haluskan bumbu terdiri dari kencur, bawang merah, bawang putih, gula dan garam.

“Setelah itu bumbu halus itu direbus bersama tempe, tahu, parutan kelapa, ketumbar bubuk, daun jeruk, daun salam dan lengkuas yang digeprek,” ungkap Riyanti, yang sudah berjualan sejak tahun 2001 lalu.

Di tangannya, nasi tumpang lethok dikembangkan dengan berbagai isian lain. “Nasi tumpang lethok jadi primadona pelanggan yang berada di Klaten,” kata Riyanti, yang tertarik berjualan nasi tumpang lethok dari tradisi kampungnya yang mengadakan syukuran dengan sajian nasi gudangan.

Kunci cita rasa nasi tumpang lethok itu ada di saat proses memasak. Apalagi lethok dibuat dari tiga macam tempe: segar, bacem dan semangit.

Lethok ini diolah sejak sore, jadi tidak bisa dibuat secara mendadak agar bumbu bisa meresap ketika dimasak bersamaan.

Mari siapkan diri kita untuk menjelajahi berbagai sudut Klaten demi memburu tempat yang menyediakan makanan yang enak. (fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here