MPP Tegalrejo, Lurah Tegalrejo dan GMDM Kota Jogja Bahas Hal Serius Ini Terkait Narkoba

0
138

KABAREWISATA.COM – Agenda pertemuan pengurus Garda Mencegah dan Mengobati Kota Jogja dengan Kepala Mantri Pamong Praja Kemantren Tegalrejo berlangsung Jumat, 05/05/2023 di ruang pertemuan Mantri Pamong Praja Tegalrejo Drs. Antariksa Agus Purnama, M.SI menyambut hangat tim GMDM Kota Yogyakarta yang terdiri K. Herman Setiawan, Surya, Indri, Sri Wahyuni, Dwi Iswinarsih dan Sistiani (Ayuk).

K. Herman Setiawan selaku Ketua GMDM Kota Yogyakarta menyampaikan, banyak hal keprihatinan kasus penyalahgunaan narkoba khususnya di wilayah Tegalrejo dan lebih detail lagi di kelurahan Tegalrejo dan Bener. Meski sudah dideklarasikan sebagai Kelurahan Bersinar Greget giat dari pengurus kelurahan bersinar belum bisa dikatakan berjalan dengan maksimal.

“Untuk itu dari GMDM Jogja bermaksud merangkul semua kelurahan kelurahan di kota Jogja yang telah di deklarasikan sebagai kelurahan bersinar,” ujar Herman.

Herman mengungkapkan, adanya jejaring Sumber Daya Manusia diantara pegiat sosial anti narkoba yang makin kuat dan berakar dimasyarakat akan menjadi penggerak sosial dalam mencegah dan mengobati para korban narkoba, informasi di lapangan mudah dipantau.

“Ruang gerak peredaran bisa dipersempit dengan makin besarnya pegiat pegiat anti narkoba, program pemulihan dan menjadikan mereka yang telah pulih untuk menjadi penjangkau bagi korban lain yang belum bisa melepaskan diri dari jerat narkoba,” terangnya.

Agus Antariksa menyampaikan data 4 kemantren di Kota Jogja yang menjadi sorotan tertinggi kasus pengguna narkoba maupun pengedaran Mergangsan, Umbulharjo, Gondokusuman dan Tegalrejo.

“Peran GMDM dalam menjembatani antara dinas dan masyarakat secara langsung bersama sama dengan berbagai lembaga yang memiliki kesamaan ketugasan tentunya sangat membantu pemerintah dalam upaya bersama mencegah dan mengobati. Usulan kegiatan bisa dicantolkan juga melalui pokja 1 PKK dan GMDM bisa sebagai narasumber kegiatan, termasuk sampai ke kelurahan kelurahan utamanya yang sudah deklarasi kelurahan bersinar,” katanya.

Usai perbincangan dengan MPP Tegalrejo tim GMDM yang telah pula membuat konfirmasi dengan lurah Tegalrejo langsung menuju ke kantor kelurahan Tegalrejo.

Lurah Tegalrejo, Setyo Untari, A.Md. langsung menyambut dan berdiskusi diruang kerjanya terkait berbagai problematika wilayah yang ada di kelurahan Tegalrejo, banyak pula penyakit masyarakat yang telah diselesaikan secara internal di tingkat kelurahan bersama LPMK Tegalrejo.

“Adanya ormas GMDM Jogja yang aktif turun ke wilayah menjadi dorongan semangat bersama untuk mengaktifkan bersama lembaga lembaga yang sevisi misi dengan upaya pencegahan dan pengobatan narkoba. Kelurahan Tegalrejo sangat membuka diri untuk bersinergi dan berkolaborasi bersama GMDM Jogja dalam mencari solusi bersama atas berbagai problem di lapangan,” kata Untari.

Herman menyampaikan akan terus menjalankan koordinasi dengan berbagai wilayah yang termasuk rawan dan tinggi pengguna/peredaran narkoba dengan para pemangku wilayah dan lembaga lembaga terkait, koordinasi ke DPRD II, PJ. Walikota, BNNK, Polresta, Lapas akan terus diintensifkan guna membantu pecegahan dan pengobatan berjalan efektif. (khs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here