Mengenang Sejarah Berdirinya Condongcatur

0
40

KABAREWISATA.COM – Untuk mengenang sejarah berdirinya Condongcatur digelar malam tirakatan Hari Jadi ke-76 Kalurahan Condongcatur Tahun 2022 di Pendopo Kalurahan Condongcatur, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman, Minggu (25/12/2022).

Dihadiri Panewu Depok, semua pamong kalurahan, purna tugas lurah, keluarga purna tugas pamong, lembaga kalurahan, dan penerima beasiswa anak sekolah bersama orangtuanya.

Malam tirakatan dilaksanakan sederhana dengan pemotongan tumpeng sebagai wujud syukur kepada Allah SWT. Juga diserahkan secara simbolis beasiswa bagi anak sekolah tingkat SD, SMP, SMA di masing-masing padukuhan beserta tali asih sembako bagi orang tua yang mendampinginya.

Pada kesempatan itu disajikan sego gudangan ayam Jowo dari Padukuhan Pikgondang dengan sinoman dari Padukuhan Pondok.

Lurah Condongcatur, Reno Candra Sangaji, SIP, MIP, menyampaikan, malam tirakatan ini acara rutin setiap hari jadi kalurahan untuk mengenang sejarah berdirinya Condongcatur.

Kata Reno, komitmen Pemerintah Condongcatur untuk pembangunan berbasis RW dengan dana Rp. 40 juta setiap RW selama 6 tahun. “Untuk tahun 2022 telah disampaikan kepada RW masing masing padukuhan,” papar Reno.

Pendopo Kalurahan saat ini merupakan kenangan terakhir untuk acara malam tirakatan karena pada Januari 2023 akan dipindah di Green Kayen untuk mendukung pengembangan wisata. “Dan akan dibangun kembali pendopo yang lebih gagah dan lebih megah di Kalurahan Condongcatur,” terang Reno.

Panewu Depok, Wawan Widiantoro, SIP, MPA, menyampaikan sejarah pengabungan kalurahan-kalurahan yang ada di DIY berdasarkan maklumat Pemerintah Daerah DIY, Sri Sultan HB IX.

“Termasuk kalurahan Condongcatur, yang sebelumnya ada empat kalurahan lama selanjutnya digabung menjadi satu dengan nama Condongcatur di Kabupaten Sleman,” kata Wawan Widiantoro.

Menurutnya, sebelumnya ada 252 kalurahan dan setelah pengabungan saat ini menjadi 86 kalurahan.

Panewu Depok mengapresiasi dalam setiap malam tirakatan hari jadi selalu dilakukan pemberian beasiswa bagi siswa-siswi berprestasi di tingkat SD, SMP dan SMA. “Kali ini sebanyak 54 siswa beserta orangtuanya dari 18 padukuhan,” kata Wawan Widiantoro.

Karena sedikit kalurahan yang melakukan hal demikian pada saat peringatan hari jadi, diharapkan menjadi inspirasi bagi lainnya.

Pemerintah Kalurahan Condongcatur dengan segenap pamongnya, diharapkan Panewu Depok, untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat. “Tanpa diskriminasi,” tandasnya.

Selain itu, diharapkan juga untuk menjaga dan tetap nguri-nguri budaya dengan berbagai macam program dan kegiatannya. “Agar semakin tumbuh kembang, maju, aspiratif, kreatif, inovatif dan dekat dengan semua lapisan masyarakat,” papar Wawan Widiantoro. (Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here