Mencukupi, Ketersediaan Pangan di Kota Yogyakarta

0
11

KABAREWISATA.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta dan Tim Penanggulangan Inflasi Daerah (TPID) Kota Yogyakarta telah memantau ketersediaan dan harga pangan. Hasilnya, pasokan lancar dan bahan pangan tersedia. Meskipun ada beberapa yang mengalami kenaikan harga.

Ketersediaan pangan di Kota Yogyakarta mencukupi setelah Pemkot Yogyakarta bekerjasama dengan beberapa daerah untuk memenuhi ketersediaan pangan.

Berkaitan dengan hal tersebut Pemkot Yogyakarta mengimbau masyarakat agar tidak panik dalam berbelanja pangan untuk kebutuhan selama Ramadan karena stok makanan tercukupi.

“Warga diharapkan berbelanja sesuai kebutuhan,” kata Sumadi selaku Penjabat Walikota Yogyakarta, belum lama ini, yang berharap kepada masyarakat untuk tidak panic buying.

Masyarakat diharapkan berbelanja sesuai kebutuhan. Terutama selama bulan Ramadan sampai lebaran.

Selama Ramadan hingga Idul Fitri stok bahan pangan di Kota Yogyakarta, cukup. Meski ada beberapa bahan pangan yang cenderung mengalami kenaikan harga pada awal Ramadan: telur ayam, cabai dan bawang merah.

“Memang, ini hukum ekonomi, ada banyak permintaan karena kebutuhan, tapi jangan panik,” kata Sumadi.

Pemkot Yogyakarta bekerjasama dengan Pemkab Sleman untuk penyediaan cabai dan beras. Sedangkan dengan Pemkab Kulonprogo untuk penyediaan cabai. Kalau telur, kemungkinan akan bekerjasama dengan Pemkab Blitar, Jawa Timur, dan Pemkab Magelang, Jawa Tengah.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta, Veronica Ambar Ismuwardani, mengatakan, pada akhir Maret dan awal April beras sudah dipanen. “Masyarakat diharapkan bisa menyetok bahan pangan sesuai kebutuhan,” kata Veronica.

Menurutnya, stok beras dari Bulog DIY diperkirakan aman untuk beberapa bulan ke depan. “Pemkot Yogyakarta juga melakukan kerja sama dengan gabungan kelompok tani dari Sleman untuk penyediaan beras di kios Segoro Amarto,” kata Veronica.

Dikatakan Veronica, masyarakat baik konsumen langsung maupun pedagang, boleh membeli kebutuhan pangan di kios Segoro Amarto di Pasar Beringharjo, Kranggan, Demangan dan Prawirotaman. (Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here