Memperkenalkan Kembali Sepeda Federal kepada Masyarakat

0
168

KABAREWISATA.COM – Komunitas Sepeda Federal Jogja (Fedjo) — sebuah komunitas sepeda di Yogyakarta — tidak hanya bersepeda, tapi juga melastarikan dan memperkenalkan kembali sepeda jenis Federal kepada masyarakat.

Untuk kedua kalinya berkalaborasi dengan Pemerintah Kalurahan Condongcatur menyelenggarakan Event Condongcatur Federal Cycles Fiest #2 tahun 2023.

Kegiatan sebagai rangkaian HUT ke-76 Kalurahan Condongcatur ini berlangsung 7 – 8 Januari 2023 di GOR Kalurahan Condongcatur, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman, diikuti Federalis DIY, Jateng, Jabar, Jatim dan sekitarnya.

Ketua Panitia CFCF# 2, Puguh Tri Untoro, mengatakan, di samping kontes Federal dengan 3 kategori sepeda Federal: Gravel, Origininal Classic, Touring, juga ada stand penjualan aksories sepeda.

Dilaksanakan pula Gowes Bareng (Gobar) dengan start dari Taman Kuliner Condongcatur menempuh jarak 35 Km dan finish di Halaman Kalurahan Condongcatur.

Hadiah utama sepeda Federal Original diraih Federalis dari Magelang, Jawa Tengah. Sedangkan juara dalam Kontes Sepeda Federal #2 Tahun 2023 hasil penilaian tim juri yang berkompeten dan profesional terdiri dari Joko Hapriyanto (Tasmania, Tasikmalaya, Jabar), Wardoyo (Koefed, Kudus, Jateng) dan Arif Maulana (Fedsora, Solo, Jateng) terpilih juara The Best of Gravel Federal Cycles adalah Bernadio Ryan (Condongcatur, Sleman), Fajar Nurila Nuri (Sewon, Bantul), Hega Raka Ardana (Plosokuning, Sleman).

Kategori The Best of Original Classic Federal Cycles adalah Cipto Raharjo (Krawang, Jabar), Muhammad Soodiq (Pleret, Bantul), M Jafar Yulianto (Temanggung, Jateng).

Kategori The Best of Touring Federal Cycles adalah Ricky Qalby Aulia (Sewon, Bantul), Dhany Marwanto (Pandak, Bantul), Rudy Antariksa (Condongcatur, Sleman).

Juara Favorit pilihan pengunjung — berdasarkan jumlah poin tempelan stiker — adalah Enggar Morisco (Seturan, Caturtunggal, Depok, Sleman).

Lurah Condongcatur, Reno Candra Sangaji, SIP, MIP, mengucapkan terimakasih kepada panitia CFCF#2 dan Fedjo yang all out menyukseskan acara tersebut. “Juga dari Komunitas Algojo atau Antar Lintas Gowes Jogja bersama tim marshal-nya,” kata Reno, Minggu (8/1/2023).

Pada kesempatan itu Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Sleman kampanye Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) melalui pesepeda dan semua pihak yang terlibat di dalamnya.

Tahun 2024 akan digelar kembali CFCF#3 yang lebih besar dengan konsep yang menarik lagi. “Persahabatan dan paseduluran dengan sarana sepeda Federal ini akan menjadikan paseduluran saklawase,” ungkap Reno.

Bagi Reno, Condongcatur Federal Cycles Fiest (CFCF) ini menjadi wahana untuk menambah dan memperkuat persaudaraan antarpecinta sepeda Federal dari seluruh Nusantara.

Sahid Fahrudin, menambahkan, Komunitas Federal Djogja (Fedjo) adalah sebuah komunitas sepeda dengan genre sepeda jenis Federal. “Tujuan dibentuknya komunitas ini untuk merestorasi atau melestarikan sepeda buatan Indonesia yang mulai tertelan zaman,” kata Sahid Fahrudin, yang menerangkan sepeda Federal diproduksi PT Federal Cycle Mustika, sebuah anak usaha Astra Group.

“Namun, masa kejayaan sepeda Federal berakhir setelah perusahaan tersebut terpaksa menghentikan produksi dan menutup usahanya,” terang Sahid.

Akhirnya, para pemilik sepeda Federal membentuk komunitas. Salah satunya adalah Federal Djogja (Fedjo) yang berbasis di Yogyakarta dan dipimpin Supriyadi Plat AB yang biasa disebut Mbah Pri.

Meski bergenre Federal, komunitas ini tidak membatasi jenis sepeda. “Siapa saja yang ingin bergabung dipersilakan,” kata Sahid.

Kelebihan sepeda Federal ini antara lain mudah dicari sparepartnya, dapat digunakan untuk commuting, bahkan bisa untuk dipakai bersepeda XC atau offroad. Namun, sepeda ini paling banyak digunakan adalah sebagai touring.

Aktivitas bersepeda bisa lebih digalakkan tak hanya untuk kegiatan outdoor. Melainkan juga untuk kegiatan sosial, kegiatan jurnalistik dan kegiatan positif lainnya.

Bersepeda — di samping untuk olahraga — bisa untuk menjaga kesehatan dan ramah lingkungan. Sepeda itu solusi tanpa polusi. (Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here