Melestarikan Kebudayaan Tradisional Lewat Karawitan

0
7

KABAREWISATA.COM РPentas karawitan yang dilaksanakan oleh pemuda Padukuhan Lojajar, Kalurahan Sinduharjo, Kapanewon Ngaglik, Kabupaten Sleman, mendapat apresiasi Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, ketika meresmikan drainase  Minggu (4/6/2023).

“Kegiatan ini adalah langkah yang baik guna melestarikan kebudayaan tradisional kita,” kata Danang.

Terlebih, di tengah kemajuan teknologi informasi yang begitu pesat seperti saat ini, kebudayaan tradisional harus dilestarikan. “Dan saya senang karena pemain karawitannya juga masih muda-muda,” ujar Danang.

Dalam kesempatan tersebut Danang juga melakukan peresmian pembangunan drainase milik warga, yang merupakan tindak lanjut dari laporan warga setempat. “Dengan adanya drainase baru tersebut diharapkan dapat membantu permasalahan masyarakat,” kata Danang.

Disampaikan Drajat Giri Pawoko, Dukuh Lojajar, pentas karawitan tersebut dibawakan oleh kelompok Karawitan Sekar Pareanom, yang pemainnya ada 12 orang. “Mereka pemuda-pemudi Padukuhan Lojajar,” kata Drajat.

Berkaitan pembangunan drainase sudah dimulai sejak awal tahun 2023 dilakukan secara gotong royong dengan anggaran sebesar Rp 190 juta berasal dari Pemerintah Kabupaten Sleman. (Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here